Desa Dandang Luwu Utara Gelar Musrembangdes

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MASAMBA – Pemerintah Desa Dandang, Kecamatan Sabbang Selatan, Luwu Utara, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) untuk Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Desa Dandang, Rabu (14/9/2022) itu dibuka Sekcam Sabbang Selatan, Muh Aqsa Amin Samad. Hadir Kepala Seksi PMD Sumail dan Kepala Desa Dandang Haeruddin Jumain.

Hadir pula Tenaga Pendamping Profesional Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP P3MD) Kecamatan Sabbang Selatan, aparat desa, PKK, unsur pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, kader Posyandu, KPM, dan PPL.

Musrenbang ini adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa, sebagai pelaksanaan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan. Setelah ditetapkan akan menjadi acuan penyusunan APBDES 2023 dan akan diverifikasi lagi di tingkat kecamatan dan Kabupaten Luwu Utara.

Sekcam Sabbang Selatan Muh Aqsa mengatakan, melalui kegiatan Musrenbangdes ini mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Kegiatan ini dimulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap dusun di Desa Dandang dan hasil penggalian gagasan di tingkat dusun, juga turut diikutsertakan sebagai bahan Musrenbang di tingkat desa,” katanya.

Sejumlah usulan dari tokoh masyarakat mewarnai kegiatan tersebut ditanggapi oleh Sekcam dan Kasi PMD, sehingga nampak komunikasi dua arah berjalan baik, sehingga terciptanya usulan yang di rencanakan menjadi skala prioritas RKPdes tahun 2023 pada Musrenbang ini.

“Usulan-usulan dari bawah yang bukan menjadi wewenang pemerintah desa akan dibawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan melalui Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintahan (DURKP).  Hasilnya pada Musrenbang tingkat kabupaten,” jelas Muh Aqsa. (yus)

Baca juga :  Sinjai Dapat Kuota 4 Orang Ikuti Pelatihan Kompetensi di Semarang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pesan Kebenaran Musa AS Kepada Firaun

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Alquran Firaun seorang raja Mesir kuno sebagai lambang kejahatan yang...

Wali Kota Makassar Hadiri Muskerwil PPP Sulsel

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang digelar...

Hasil Panen Perdana Padi di Kelompok Tani Sipakainga I Berhasil Capai 12 Ton/Ha

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Hasil panen perdana di Kelompok Tani Sipakainga I, Kelurahan Sipatokkong, Kecamatan Watang Sawitto untuk musim...

Polres Bone Proses Pungutan K3S Disdik Kecamatan

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Polres Bone sementara menangani dugaan pungutan penerimaan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru yang dilakukan oleh...