Donny de Keizer : Politisi dan Anggota Dewan Harus Bisa Jaga Mulut

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Pernyataan anggota DPR Effendi Simbolon yang mengatakan, TNI seperti gerombolan dan ormas telah memantik reaksi dari anggota TNI di seluruh Indonesia. Bahkan beberapa prajurit secara terbuka menunjukkan kegeramannya atas ujaran anggota Dewan dari PDIP itu dengan mengunggah beberapa video di media sosial.

Effendi Simbolon akhirnya menyatakan permintaan maaf secara terbuka atas ucapan yang dianggap melukai TNI. Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga merespons positif permintaan maaf itu dan meminta prajuritnya untuk menghentikan semua polemik terkait ini.

“Anggota dewan harus bisa menjaga mulut karena mereka semua bekerja pakai mulut untuk menyuarakan kepentingan publik. Namun harus punya kemampuan dan kebijaksanaan dalam menggunakan mulutnya,” ungkap Donny de Keizer Ketua Umum IPSA atau Indonesian Professional Speakers Association, dalam siaran persnya yang diterima redaksi media ini, Kamis (15/09/2022).

Sebagai asosiasi yang menaungi para pembicara publik tanah air, Donny mengungkapkan, sebagai seorang politisi penting untuk mengendalikan apa yang keluar dari mulutnya karena setiap pernyataan anggota dewan bisa dikutip dan menjadi berita.

“Itu sebabnya anggota dewan perlu mempertajam kemampuan bicaranya. Keahlian berdiplomasi lewat kata-kata bisa dibuktikan dengan kemampuan memilih diksi yang tepat dan sesuai dengan waktu berbicara,” jelas Donny di Bandung saat memberikan pengarahan terhadap ASN di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Lebih lanjut Donny mengungkapkan, sekarang sudah masuk tahun politik. Semakin banyak pernyataan politik yang akan disampaikan ke publik oleh para politisi termasuk anggota DPR yang akan bertarung untuk terpilih kembali.

Baca juga :  Rektor Unhas Buka Selekda Tiga Cabor Pomnas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

HUT ke-24 PSMTI Jadi Momen Tingkatkan Persatuan Bangsa Indonesia

  PEDOMANRAKYAT, JAKARTA. - Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) menggelar Perayaan Hari Ulang Tahun ke-24, di Restaurant SunCity...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...