spot_img

Tobatnya Seorang Raja

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Setelah Nabi Ibrahim AS selamat dari kobaran api yang dilakukan oleh penguasa saat itu yang menuding bahwa Ibrahim AS sebagai orang yang telah menghancurkan berhala sesembahan mereka, Ibrahim AS mengajak istrinya, Sarah, menuju Mesir.

Sesampainya di Mesir, Ibrahim baru mengetahui bahwa raja Mesir saat itu gemar merebut istri orang lain. Apalagi jika wanita tersebut adalah seorang wanita jelita. Sarah adalah seorang wanita jelita, cantik yang sangat dicintai oleh Ibrahim AS.

Sebelum memasuki wilayah Mesir, Ibrahim AS berupaya menyembunyikan Sarah, agar tidak dilihat oleh para pengawal raja, yang akan melaporkan keberadaan Sarah, jika Sarah terlihat oleh para pengawal.

Di tengah perjalanan, salah seorang pegawai raja menggeledah barang bawaan Ibrahim AS dan melihat Sarah. Melihat kecantikan Sarah, pegawai tersebut merebut Sarah dari Ibrahim AS dan membawanya ke istana.

Suatu malam, raja berniat menggoda Sarah, tatkala Sarah hendak disentuh oleh sang raja, tiba-tiba tangan dan kaki sang raja mendadak lumpuh. Allah SWT menolong Sarah.

Sang raja berkata, “Hai wanita tukang sihir, kenapa engkau membuat tangan dan kakiku lumpuh?”

Sarah menjawab, “Saya bukan tukang sihir, saya adalah istri Ibrahim AS. Wahai raja, bertobatlah kepada Allah SWT.”

Mendengar ucapan Sarah, raja Mesir itu berjanji akan bertobat kepada Allah SWT. Mendengar janji sang raja, Sarah berdoa untuk kesembuhan sang raja, tak lama kemudian sang raja pulih kembali.

Setelah sembuh, sang raja tak mampu menahan godaan akan kecantikan Sarah, istri Ibrahim AS. Dia kembali berusaha mengoda Sarah, ketika sang raja akan menyentuh Sarah, tiba-tiba sang raja menjadi buta dan tak mampu melihat.

Baca juga :  LCMR dan LCMU Serahkan Bantuan 85 Kacamata Kepada Pelajar dan Guru SDN 137 Inpres Kaemba I Kabupaten Maros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...