spot_img

Inovasi “Satu Digit Plus” Akan Jadi Pusat Data Pelaku Usaha di Sinjai

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sedang mempersiapkan Sistem Pendataan Terpadu, berbasis data tunggal bagi pelaku usaha.

Program ini diberi nama Satu Digit Plus (Sinkronisasi dan Keterpaduan Mewujudkan Satu Data Terintegrasi Berbasis IT Pelaku Usaha). Inovasi ini berupa Sistem Pendataan Terpadu, yang memanfaatkan aplikasi (digital) dengan ouput pemetaan dan data base pelaku usaha.

Inovasi ini, memberikan kemudahan dan manfaat baik pemerintah daerah, pelaku usaha maupun masyarakat. Masyarakat dapat mengakses data yang telah terhimpun, sehingga menjadi media promosi produk bagi pelaku usaha.

Satu Digit Plus ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) sebab merupakan sebuah terobosan yang sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha, terutama UMKM saat ini.

Apalagi, satu data pelaku usaha selain menjadi acuan Pemkab dalam mengambil kebijakan dan merancang program pembinaan, pengawasan, pengendalian, fasilitasi dan layanan, juga dapat membantu mempromosikan jenis usaha pelaku usaha yang lengkap dengan lokasi usaha berbasis titik koordinat, waktu layanan, foto usaha, dan lainnya.

Kepala DPMPTSP Sinjai Lukman Dahlan, Sabtu (17/09/2022) mengatakan, inovasi ini merupakan sistem pendataan berbasis IT, yang didukung aplikasi data base yang berfungsi sebagai pencatat informasi seputar data pelaku usaha di wilayah Kabupaten Sinjai sesuai dengan bidang dan kondisi terkini.

“Bagi Pemerintah Daerah inovasi Satu Digit Plus, diharapkan dapat merekam potret pelaku usaha secara utuh, semua data pelaku usaha dimasukkan dalam sebuah sistem digital secara otomatis dan dapat diakses oleh siapapun. Jadi, data dari pelaku usaha untuk pelaku usaha juga,” jelasnya.

Baca juga :  Syukuran HUT Kodam XIV/Hasanuddin ke- 66 Diwarnai Pemberian Bantuan Sosial

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Barania di Teluk Tamalatea

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Kekurangan dan kelemahan Jeneponto sebagai daerah panas dengan kemarau yang panjang, justru merupakan kelebihan dan...

Obituari H.Masri Pulubuhu bin Armain, Kami Dipertemukan Lagi Saat Suksesi

Catatan M.Dahlan Abubakar KAMIS (20/6/2024) siang ini, Whatsapp Grup Dosen Unhas merilis berita duka. “Inna lillahi wainnaa ilaihi raaji'uu”n....

Oknum Caleg Terpilih di Pinrang, Penuhi Panggilan Polisi

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Oknum Calon Anggota Legislatif dari salah satu Partai di Pinrang yang terpilih pada Pemilu Legislatif...

Perkuat Pelayanan, Jamkrindo Resmikan Tiga Gedung Kantor Baru

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), pionir penjaminan kredit di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan pelayanan...