Inovasi “Satu Digit Plus” Akan Jadi Pusat Data Pelaku Usaha di Sinjai

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sedang mempersiapkan Sistem Pendataan Terpadu, berbasis data tunggal bagi pelaku usaha.

Program ini diberi nama Satu Digit Plus (Sinkronisasi dan Keterpaduan Mewujudkan Satu Data Terintegrasi Berbasis IT Pelaku Usaha). Inovasi ini berupa Sistem Pendataan Terpadu, yang memanfaatkan aplikasi (digital) dengan ouput pemetaan dan data base pelaku usaha.

Inovasi ini, memberikan kemudahan dan manfaat baik pemerintah daerah, pelaku usaha maupun masyarakat. Masyarakat dapat mengakses data yang telah terhimpun, sehingga menjadi media promosi produk bagi pelaku usaha.

Satu Digit Plus ini mendapat dukungan penuh dari Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) sebab merupakan sebuah terobosan yang sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha, terutama UMKM saat ini.

Apalagi, satu data pelaku usaha selain menjadi acuan Pemkab dalam mengambil kebijakan dan merancang program pembinaan, pengawasan, pengendalian, fasilitasi dan layanan, juga dapat membantu mempromosikan jenis usaha pelaku usaha yang lengkap dengan lokasi usaha berbasis titik koordinat, waktu layanan, foto usaha, dan lainnya.

Kepala DPMPTSP Sinjai Lukman Dahlan, Sabtu (17/09/2022) mengatakan, inovasi ini merupakan sistem pendataan berbasis IT, yang didukung aplikasi data base yang berfungsi sebagai pencatat informasi seputar data pelaku usaha di wilayah Kabupaten Sinjai sesuai dengan bidang dan kondisi terkini.

“Bagi Pemerintah Daerah inovasi Satu Digit Plus, diharapkan dapat merekam potret pelaku usaha secara utuh, semua data pelaku usaha dimasukkan dalam sebuah sistem digital secara otomatis dan dapat diakses oleh siapapun. Jadi, data dari pelaku usaha untuk pelaku usaha juga,” jelasnya.

Baca juga :  Dongkrak PAD, Bapenda Sidrap Terus Gencarkan “Baling-Baling”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Operasi Sikat 2022, Polres Pelabuhan Makassar Amankan 9 Pelaku Curas, Curat dan Judi Online

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar mengungkap hasil Operasi Sikat 2022 melalui kegiatan Press Release di Mapolres tersebut...