spot_img

PWI Pangkep Harus Mampu Lahirkan Wartawan Profesional

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PANGKEP – Keberadaan wartawan yang bernaung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pangkep diharapkan bisa menjembatani terwujudnya wartawan profesional yang dapat mempedomani UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 serta kode etik jurnalistik dan kode etik jurnalistik yang baik dan benar.

Karena selama ini, masih saja ada oknum yang menamakan dirinya sebagai wartawan, namun belum menjalankan fungsi kewartawanannya sesuai tuntutan Undang-undang Pers serta kode etik jurnalistik.

Demikian diungkapkan dalam sambutan Bupati Pangkep diwakili Kepala Dinas Kominfo Syamsurya Syam saat  membuka secara resmi Rapat Kerja I pengurus PWI Kabupaten Pangkep, yang dilaksanakan di lokasi obyek wisata Batu Payung Desa Biring Ere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Ahad (18/09/2022).

“Rapat Kerja I Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pangkep tentunya membawa misi dan tujuan mulia demi terwujudnya kehidupan pers daerah dan nasional yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab serta terpenuhinya hak publik,” tandas Syamsurya Syam.

“Pemerintah Kabupaten Pangkep mengapresiasi dan mendukung penuh kehadiran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pangkep. Hingga saat ini, baru PWI yang secara resmi sebagai organisasi wartawan yang eksis di Kabupaten Pangkep,” kata Kepala Dinas Kominfo.

Dikatakan, Bupati Pangkep H. Muhammad Yusran mengharapkan melalui Rapat Kerja I ini, hendaknya menghasilkan program kerja realistis yang dapat disinergikan dengan program pemda Pangkep, terutama di bidang peningkatan pelaksanaan pembangunan menuju Pangkep maju, berkembang, relijius dan hebat.

Sementara itu, Ketua PWI Sulsel yang diwakili Bidang Organisasi, Ir. H. Abdul Manaf Rachman dalam sambutannya mengatakan, PWI Provinsi Sulawesi Selatan bersama PWI Kabupaten/Kota akan menertibkan wartawan yang dianggap belum dapat menerapkan tugas jurnalistik (kewartawanan) sesuai tuntutan Undang Undang Pers dan Kode Etik Jurnalistik dengan melakukan perekrutan anggota wartawan profesional melalui pelatihan jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Baca juga :  Didukung Kemenparekraf, Pemkab Sidrap Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Lomba Sambung Lagu Adalah Contoh Kecil Bentuk Kerja Sama Saling Mendukung

" Lagu yang bagus harus mengangkat hatimu, menghangatkan jiwa, dan membuatmu merasa baik " - Colbie Caillat - PEDOMAN RAKYAT,...