Sang Mahaguru

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Sang Mahaguru telah meninggalkan dunia materi ini, mengenakan pakaian kesucian, dan pergi menuju dunia lain yang dari penderitaan dan kesusahan. Beliau saat ini menuju ke tempat yang tidak bisa dilihat mata dan tidak dapat di dengar telinga.

Beliau akan menghuni dunia roh, bersama mereka yang telah mendahuluinya. Beliau akan berada dalam alam yang baru, yang sejarah dan keindahannya selalu membuatnya terpesona dan yang kata-katanya selalu dia usahakan untuk dipelajari.

Kehidupannya di dunia ini merupakan satu rangkaian panjang dari perbuatan- perbuatan besar. Suatu kehidupan dari dari pemikiran konstan; karena Sang Mahaguru tidak pernah mengenal istirahat. Beliau mencintai pekerjaan, yang beliau definisikan sebagai cinta yang terlihat.

Beliau adalah jiwa haus yang tidak dapat beristirahat kecuali dalam pangkuan keterjagaan. Beliau adalah sebuah hati yang mencintai, yang dilimpahi kebaikan dan semangat.

Beliau adalah sumber pengetahuan yang muncul dari dada keabadian, sebuah aliran kebijaksanaan murni yang menyirami dan menyegarkan jiwa manusia. Dan saat ini sungai tersebut telah mencapai pantai kehidupan abadi.

Ingatlah, hanya mereka yang berdiri di depan kuil kehidupan, dan tidak pernah menyuburkan bumi dengan satu tetes keringat dari alis mereka, yang pantas menerima airmata dan penyesalan kalian ketika mereka meninggalkannya.

Tetapi kalau Sang Mahaguru, tidakkah beliau telah menghabiskan hari-hari dalam kehidupannya bagi kebaikan umat manusia? Adakah di antara kalian yang tidak meminum dari sumber kebijaksanaannya?

Baca juga :  Empat Desa di Wajo Diterjang Angin Kencang, 13 Rumah dan Pesantren Terdampak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pesan Kebenaran Musa AS Kepada Firaun

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar Alquran Firaun seorang raja Mesir kuno sebagai lambang kejahatan yang...

Wali Kota Makassar Hadiri Muskerwil PPP Sulsel

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menghadiri Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang digelar...

Hasil Panen Perdana Padi di Kelompok Tani Sipakainga I Berhasil Capai 12 Ton/Ha

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Hasil panen perdana di Kelompok Tani Sipakainga I, Kelurahan Sipatokkong, Kecamatan Watang Sawitto untuk musim...

Polres Bone Proses Pungutan K3S Disdik Kecamatan

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE - Polres Bone sementara menangani dugaan pungutan penerimaan Surat Perintah Melaksanakan Tugas (SPMT) guru yang dilakukan oleh...