Hilangkan Stres dengan Berkebun, Tim PKM Unhas Gandeng YKAKI Makassar Adakan Gardening Theraphy

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Gardening Theraphy atau terapi berkebun adalah sebuah program terapi yang dirancang oleh Tim PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dari Universitas Hasanuddin untuk mengurangi rasa stres dan kejenuhan yang dialami anak penderita kanker.

Program ini telah dijalankan sejak Bulan Juni hingga September 2022 di YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) Makassar. Kegiatan yang dilakukan didasarkan pada Teori Psiko Evolusi perspektif Ulrich yang menyebutkan bahwa interaksi dengan alam hijau dapat memberi efek teraupetik yang berdampak positif bagi emosi.

Bukan hanya itu, dalam 77 studi serupa yang dilakukan di berbagai negara termasuk Jepang, Amerika Serikat, Brazil, Korea Selatan dan berbagai negara lainnya juga membuktikan bahwa kegiatan berkebun dapat merekonsiliasi pikiran dan mental para penderita penyakit kronis.

Hasil dari studi-studi tersebut kemudian dijadikan pedoman utama untuk menurunkan kejenuhan dan kecemasan bagi anak penderita kanker di YKAKI Makassar.

Program ini dijalankan oleh lima orang mahasiswa Universitas Hasanuddin yaitu, Rizqy Ashabul Yamin, Muhammad Nurichsan Gazali, Muhammad Iqbal Amin, Muhammad Thalib dan Nurul Wahyuni dengan dosen pendamping yaitu Nurjannah Abdullah, SIP, MA.

Sebelum melangsungkan program, dilakukan beberapa persiapan seperti melengkapi alat dan bahan yang dibutuhkan, konsultasi dengan dosen pendamping dan pembuatan mini-garden.

Mini-garden yang dimaksud merupakan greenhouse sederhana berisi instalasi hidroponik dengan tanaman sayuran. Selain itu, disediakan pula tanaman hias dalam pot untuk menambah nilai estetika dari mini-garden.

Untuk proses penanaman, perawatan hingga panen dilakukan oleh anak penderita kanker dan orang tuanya. Dengan melakukan kegiatan seperti menanam, merawat dan memanen tanaman, maka interaksi antara anak sebagai subjek terapis dengan tanaman sebagai media terapis, sehingga stres, kecemasan dan kejenuhan yang dialami oleh anak penderita kanker dapat berkurang.

Baca juga :  Diduga Gunakan Berkas Palsu Menangkan Pilkalem, Masyarakat Desa Buntu Laporkan Mikael ke Polres Torut

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tutup Perkemahan di Bumi Tanabau, Ini Amanat Camat Bontomatene

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR - Menghadiri dan menutup kegiatan perkemahan dalam rangkaian memperingati hari Pramuka ke-61 tahun 2022 yang...

Rapihkan Data Penerima Bansos, Lurah Kumpulkan Tiba-Tiba Perangkat Pemerintahan

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR - Rapat terbatas menandai persiapan musyawarah pemutakhiran dan penetapan bakal calon penerima bantuan sosial berbasis...

Pangdam Hasanuddin Pimpin Pemberangkatan Offroad National Sulawesi Selatan Championship

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han), MH memimpin pemberangkatan Offroad,...

Brimob Bone Peringati Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

PEDOMANRAKYAT, WATAMPONE- Personel Brimob Bone menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila secara virtual  di Aula Mako Batalyon C Pelopor Jalan...