spot_img

Rasa Kemanusiaan

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

QS 25: 63 – 74, menguraikan sifat kaum beriman yang pengasih ialah jika mereka berjalan di atas bumi, berjalan dengan rendah hati. Dan jika diajak bicara oleh mereka yang bodoh, mereka akan mengucapkan Salam.

Mereka adalah orang-orang yang senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Mereka menyadari bahwa dirinya senantiasa terancam kesengsaraan, maka mereka senantiasa memohon kepada Allah SWT untuk dihindarkan dari hal tersebut.

Mereka tulus dalam beribadah kepada Allah SWT semata dan menghormati hak hidup orang lain yang memang dilindungi oleh Allah SWT dan senantiasa menjaga kehormatan diri sendiri. Mereka tidak membuat kesaksian palsu, dan jika bertemu dengan hal-hal tidak berguna, mereka menghindar dengan harga diri.

Kemudian, jika diingatkan akan ajaran Allah SWT, mereka tidak bersikap masa bodoh, seolah-olah tuli dan buta. Mereka juga memliki tanggungjawab keluarga yang tinggi. Memiliki rasa tanggungjawab sosial dengan keinginan kuat, yang dinyatakan dalam doa kepada Allah SWT untuk dapat melakukan sesuatu yang bersifat kepemimpinan  yakni sikap hidup dengan memperhatikan kepentingan orang banyak.

Apa yang dikemukakan dalam Alquran, bersangkutan dengan rasa kemanusiaan yang amat tinggi dari kaum beriman. Karena rasa kemanusiaan tersebut, mereka tidak sombong, sedemikian rupa, bahkan ketika berurusan dengan oranh yang tidak memahami sesuatu pun tidak kehilangan kesabaran, bahkan mengharapkan kebaikan untuknya.

Tidak secara berlebihan atau berkekurangan dalam menggunakan hartanya adalah jenis rasa kemanusiaan dan tanggung jawab sosial yang tinggi. Sebab jika berlebihan seperti gaya hidup konsumerisme, maka hal itu akan mengundang masalah sosial. Akan tetapi begitu pula sebaliknya kalau orang hanya menumpuk kekayaan tanpa mau menggunakannya, maka kelancaran ekonomi masyarakat akan terganggu.

Baca juga :  Unras Dibalik Aksi Premanisme Kembali Terulang di Depan Rujab Bupati Sinjai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...

Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 Resmi Diluncurkan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, secara resmi meluncurkan tahapan pemilihan Bupati dan...

Piala Eropa 2024: Empat Tim Grup E Berebut ke 16 Besar

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Kemenangan Belgia atas Rumania 2-0, Ahad (23/6/2024) dinihari di Rheine Energie Stadion membuat pertarungan memperebutkan...