Rasa Kemanusiaan

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

QS 25: 63 – 74, menguraikan sifat kaum beriman yang pengasih ialah jika mereka berjalan di atas bumi, berjalan dengan rendah hati. Dan jika diajak bicara oleh mereka yang bodoh, mereka akan mengucapkan Salam.

Mereka adalah orang-orang yang senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Mereka menyadari bahwa dirinya senantiasa terancam kesengsaraan, maka mereka senantiasa memohon kepada Allah SWT untuk dihindarkan dari hal tersebut.

Mereka tulus dalam beribadah kepada Allah SWT semata dan menghormati hak hidup orang lain yang memang dilindungi oleh Allah SWT dan senantiasa menjaga kehormatan diri sendiri. Mereka tidak membuat kesaksian palsu, dan jika bertemu dengan hal-hal tidak berguna, mereka menghindar dengan harga diri.

Kemudian, jika diingatkan akan ajaran Allah SWT, mereka tidak bersikap masa bodoh, seolah-olah tuli dan buta. Mereka juga memliki tanggungjawab keluarga yang tinggi. Memiliki rasa tanggungjawab sosial dengan keinginan kuat, yang dinyatakan dalam doa kepada Allah SWT untuk dapat melakukan sesuatu yang bersifat kepemimpinan  yakni sikap hidup dengan memperhatikan kepentingan orang banyak.

Apa yang dikemukakan dalam Alquran, bersangkutan dengan rasa kemanusiaan yang amat tinggi dari kaum beriman. Karena rasa kemanusiaan tersebut, mereka tidak sombong, sedemikian rupa, bahkan ketika berurusan dengan oranh yang tidak memahami sesuatu pun tidak kehilangan kesabaran, bahkan mengharapkan kebaikan untuknya.

Tidak secara berlebihan atau berkekurangan dalam menggunakan hartanya adalah jenis rasa kemanusiaan dan tanggung jawab sosial yang tinggi. Sebab jika berlebihan seperti gaya hidup konsumerisme, maka hal itu akan mengundang masalah sosial. Akan tetapi begitu pula sebaliknya kalau orang hanya menumpuk kekayaan tanpa mau menggunakannya, maka kelancaran ekonomi masyarakat akan terganggu.

Baca juga :  IPMIL Gelar Demonstrasi, PT Vale Terancam Disegel

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Operasi Sikat 2022, Polres Pelabuhan Makassar Amankan 9 Pelaku Curas, Curat dan Judi Online

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar mengungkap hasil Operasi Sikat 2022 melalui kegiatan Press Release di Mapolres tersebut...