spot_img

Pangdam Hasanuddin : Kekompakan Umat Beragama Perlu Dikokohkan Dalam Wujudkan Eksistensi Pancasila

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han) melaksanakan silatuhrahmi dengan Lembaga Agama Kristen dan Persekutuan Gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Sulselbara, bertempat di Gedung PGIW Sulselbara, Jl. Racing Centre, Makassar, Selasa (20/09/2022).

Selain bersilaturahim dan mempererat hubungan, pada momen ini Mayjen Totok memperkenalkan diri sebagai pejabat Pangdam Hasanuddin yang baru.

Di awal sambutannya, orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini mengungkapkan rasa terima kasih kepada Ketua dan segenap pengurus PGIW Sulselbara yang telah mengundang dan menyambut Pangdam Hasanuddin dengan meriah dan penuh kekeluargaan.

Pengurus PGIW Sulselbara mengatakan, ini adalah moment yang sangat mengesankan, karena dalam kurun waktu 6 tahun, baru kali ini PGIW dikunjungi oleh Pangdam XIV/Hasanuddin.

Lebih lanjut Pangdam mengungkapkan, hal yang berkaitan dengan agama pihaknya telah membuat komitmen untuk memberikan kesempatan dalam melakukan ajarannya sesuai dengan agama masing-masing sebagaimana tertuang dalam pasal 29 ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia tentang kebebasan beragama.

“Sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin berkaitan dengan masalah agama saya telah membuat suatu komitmen, bahwa semua agama silahkan berjalan dengan kegiatan masing-masing, kita akan melindungi dan membantu, dan tetap kedepankan toleransi dalam beragama. Saya juga menjelaskan saat ketemu dengan Toga, Toda, di Kendari sudah disampaikan bahwa kita sudah berkomitmen dan silahkan kita beribadah, saling menghormati dan saling toleransi,” tegasnya.

“Dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa kita harus memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat yang berbeda agama sehingga dapat terciptanya kerukunan hidup karena negara kita adalah negara kebangsaan yang berketuhanan, negara yang Pancasilais,” sambungnya.

Baca juga :  Nataru 2022-2023, Sie Propam Polres Pelabuhan Makassar Cek Kesiapan Personel di Pos Pengamanan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suatu Hari dengan Tanri Abeng, Manajer Profesional Pertama Indonesia

Oleh: M.Dahlan Abubakar Ahad (23/6/20224) kita dikagetkan dengan berita duka, Tanri Abeng, berpulang ke rakhmatullah pada pukul 02.36 di...

321 Mahasiswa dari 194 Perguruan Tinggi Kunjungi Enrekang dalam Program PMM

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE., MM., menerima kunjungan dan sekaligus menjadi narasumber dalam...

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...