Pangdam Hasanuddin : Kekompakan Umat Beragama Perlu Dikokohkan Dalam Wujudkan Eksistensi Pancasila

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr(Han) melaksanakan silatuhrahmi dengan Lembaga Agama Kristen dan Persekutuan Gereja di Indonesia Wilayah (PGIW) Sulselbara, bertempat di Gedung PGIW Sulselbara, Jl. Racing Centre, Makassar, Selasa (20/09/2022).

Selain bersilaturahim dan mempererat hubungan, pada momen ini Mayjen Totok memperkenalkan diri sebagai pejabat Pangdam Hasanuddin yang baru.

Di awal sambutannya, orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini mengungkapkan rasa terima kasih kepada Ketua dan segenap pengurus PGIW Sulselbara yang telah mengundang dan menyambut Pangdam Hasanuddin dengan meriah dan penuh kekeluargaan.

Pengurus PGIW Sulselbara mengatakan, ini adalah moment yang sangat mengesankan, karena dalam kurun waktu 6 tahun, baru kali ini PGIW dikunjungi oleh Pangdam XIV/Hasanuddin.

Lebih lanjut Pangdam mengungkapkan, hal yang berkaitan dengan agama pihaknya telah membuat komitmen untuk memberikan kesempatan dalam melakukan ajarannya sesuai dengan agama masing-masing sebagaimana tertuang dalam pasal 29 ayat 2 UUD Negara Republik Indonesia tentang kebebasan beragama.

“Sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin berkaitan dengan masalah agama saya telah membuat suatu komitmen, bahwa semua agama silahkan berjalan dengan kegiatan masing-masing, kita akan melindungi dan membantu, dan tetap kedepankan toleransi dalam beragama. Saya juga menjelaskan saat ketemu dengan Toga, Toda, di Kendari sudah disampaikan bahwa kita sudah berkomitmen dan silahkan kita beribadah, saling menghormati dan saling toleransi,” tegasnya.

“Dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa kita harus memahami dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat yang berbeda agama sehingga dapat terciptanya kerukunan hidup karena negara kita adalah negara kebangsaan yang berketuhanan, negara yang Pancasilais,” sambungnya.

Baca juga :  Antusias Masyarakat dan Siswa Sekolah Dasar Ikuti Vaksinasi Covid-19 di Kantor Desa Taeng

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

13 Anggota Polri Mendapatkan Kenaikan Pangkat, Ini Daftarnya

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - Sejumlah perwira tinggi (pati) Polri mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Berdasarkan surat telegram STR/722/IX/KEP/2022,...

Ketua DPD II Partai Golkar Makassar Serahkan Bantuan Korban Kebakaran di Rappocini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Salah satu bentuk kepedulian kembali ditunjukkan Partai Golkar terhadap masyarakat, terutama bagi yang tertimpa musibah. Seperti...

Bupati Sidrap Hadiri Langsung Pengarahan Presiden Joko Widodo

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA -- Bupati Sidenreng Rappang (Sidrap), H. Dollah Mando hadir dan mendengarkan langsung pengarahan Presiden Joko Widodo...

Operasi Sikat 2022, Polres Pelabuhan Makassar Amankan 9 Pelaku Curas, Curat dan Judi Online

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Polres Pelabuhan Makassar mengungkap hasil Operasi Sikat 2022 melalui kegiatan Press Release di Mapolres tersebut...