spot_img

Penerbangan Perdana Rute Balikpapan-Toraja Airport Ditunda Ke 7 Oktober 2022

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKALE – Rencana Jumat (23/09/2022) besok penerbangan perdana rute baru Balikpapapan-Toraja Airport, dilayani Maskapai Wings Air dari Lion Group, dengan pesawat ATR.72-600, batal dan ditunda ke tanggal 7 Oktober 2022.

Penundaan penerbangan dibenarkan Plt Kadis Perhubungan Tana Toraja, Zeth Gideon Gian, Kamis (22/09/2022) di Makale.

Zeth tidak merinci penyebab penundaan penerbangan, namun ditengarai waktu promosinya dinilai singkat, demikian juga pengurusan rotasi penerbangan butuh waktu lama.

“Penerbangan Toraja Airport-Balikpapan, bangkitkan pariwisata sebagai daerah penyangga ibu kota negara (IKN),
direncanakan dua kali sepekan, Senin-Jumat,” ujar Zeth.

Sebelumnya Bupati Theofilus Allorerung bersama Kepala Bandara Toraja Airport, Agus Nur Cahyo, teken MoU rute baru Penerbangan Toraja Airport-Balikpapan, setelah turun subsidi dari Gubernur Sulsel Rp 2 milyar.

Bung Theo katakan, perlu sosialisasi sebelum penerbangan perdana kepada masyarakat. Rute baru Toraja Airport-Balikpapan akan memperlancar distribusi barang dan jasa untuk mendukung aktivitas pemulihan ekonomi, apalagi Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan.

“Diaspora Toraja di Kalimantan hendaknya manfaatkan fasilitas penerbangan tersebut,” singkat Theo.

Kepala Bandara Toraja Airport, Agus Nur Cahyo katakan, rute penerbangan penumpang Toraja ke Balikpapan juga bisa meneruskan penerbangan ke Berau dan Tarakan demikian pula sebaliknya.

Subsidi pemerintah dua alternatif jaminan seat dihitung rute pulang pergi jumlah seat 60 sekali terbang dan pulang pergi 120 seat.

“Demikian pula block seat, jumlah penumpang 60 orang, jika penumpang di bawah 60 orang Pemda akan menutupi kekurangannya,” terang Agus Nur Cahyo. (ainul/herman)

Baca juga :  Warga Pertanyakan Menteri ATR/BPN, Soal Sengketa Tanah Jatikarya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pembangkit Listrik Tenaga Surya Barania di Teluk Tamalatea

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Kekurangan dan kelemahan Jeneponto sebagai daerah panas dengan kemarau yang panjang, justru merupakan kelebihan dan...

Obituari H.Masri Pulubuhu bin Armain, Kami Dipertemukan Lagi Saat Suksesi

Catatan M.Dahlan Abubakar KAMIS (20/6/2024) siang ini, Whatsapp Grup Dosen Unhas merilis berita duka. “Inna lillahi wainnaa ilaihi raaji'uu”n....

Oknum Caleg Terpilih di Pinrang, Penuhi Panggilan Polisi

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Oknum Calon Anggota Legislatif dari salah satu Partai di Pinrang yang terpilih pada Pemilu Legislatif...

Perkuat Pelayanan, Jamkrindo Resmikan Tiga Gedung Kantor Baru

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), pionir penjaminan kredit di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan pelayanan...