spot_img

Percaya Takdir Tidak Berarti Fatalis

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Salah satu rukun Iman adalah percaya kepada adanya takdir. Takdir di sini, bukan berarti nama orang, atau tetangga saya yang bernama Takdir. Tetapi sesuatu yang memiliki berkaitan dengan ketentuan Allah SWT, yang tidak dapat dihindari.

Manusia dikuasai oleh takdir, dan manusia tidak mampu mengubahnya dan tanpa pilihan lain, karena takdir, sekali lagi, merupakan ketetapan Allah SWT. Manusia harus menerimanya sekalipun takdir tersebut baik, ataupun buruk.

Di kalangan sebagian besar masyarakat, kadang merasa tidak mampu melakukan sesuatu untuk menjadi lebih baik karena keyakinan bahwa apa yang dialaminya sudah merupakan takdirnya.

Hanya saja, pengertian takdir tidak seharusnya dipahami secara negatif, yang justru melahirkan sikap fatalisme. Fatalisme mengandung makna semangat menyerah, tanpa usaha dan tanpa aktivitas produktif serta kreatif. Mereka yang tidak berupaya menjadi baik untuk menghasilkan sesuatu yang positif dalam hidup ini disebut kaum fatalis.

Islam adalah agama rasional yang mengajarkan umatnya untuk senantiasa bekerja maksimal dalam upaya mencapai sesuatu yang diharapkan.

Cak Nur menegaskan, “Jika agama lain ada yang mengajarkan bahwa keselamatan diperoleh seseorang karena kesertaannya dalam suatu upaya suci atau melalui penyajian makanan ritual, maka Islam mengajarkan, seseorang yang ingin mendapatkan sesuatu yang baik, seharusnya dia berbuat baik dan tidak menduakan (syirik) kepada Tuhannya QS. 18: 110), juga QS 53: 39).”

Berdasarkan ayat di atas ditegaskan bahwa, seseorang yang mempercayai adanya takdir, tidak berarti dia bersikap fatalis, sebab sikap fatalis kepada nasib berarti tidak adanya usaha atau upaya dalam mengubah nasib menjadi lebih baik.

Baca juga :  Pimpin Sertijab, Pangdam XIV/Hsn : Jangan Benarkan yang Biasa, Tapi Biasakan yang Benar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Achmad Ilham : Kampung Barombong No.61 Blok 007 Adalah Tanah Adat C1 Bukan Ex Verponding

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Achmad Ilham, SH, MH, CPL mengungkap keterangan palsu di sidang perdata No. 233 yang digelar...

Euro 2024 : Jerman & Swiss Petik Poin Penuh

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Tuan rumah Jerman dan Swiss masing-masing memetik angka penuh, 3, dalam pertandingan perdana di...

Henry Pongrekun Resmi Terima Rekomendasi Hanura: Siap Bertarung di Tana Toraja

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tak henti-hentinya DPD Hanura Sulsel dilirik oleh calon kepala daerah (Cakada) di Sulsel, kali ini...

181 Guru di Enrekang Ikut Program PGP Angkatan 11

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 181 guru di Kabupaten Enrekang menjadi sasaran Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP) Angkatan...