spot_img

Salah Satu Wilayah Penerima Program YESS, Kabupaten Bulukumba Telah Melibatkan Ribuan Pemuda

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, BULUKUMBA – Program YESS, merupakan program percepatan dari Kementerian Pertanian RI bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) sejak 2019 guna melahirkan wirausahawan muda di bidang pertanian, serta menghasilkan tenaga kerja yang kompeten di bidang pertanian.

Salah satu kegiatan yang ada pada Program YESS adalah pelatihan bagi para pemuda yang berusia antara 17 sampai dengan 39 tahun.

Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu wilayah yang menerima Program YESS dan telah melibatkan ribuan pemuda untuk mendapatkan pelatihan kewirausahaan pertanian melalui program ini.

Di ujung barat Bulukumba, Kecamatan Kindang tahun ini menyiapkan sebanyak 575 peserta yang terbagi dalam 4 jenis kegiatan, yakni Pelatihan Literasi Keuangan sebanyak 200 peserta, Pelatihan Motivasi Bisnis 100 peserta, Pelatihan Star Up 75 peserta, serta Pelatihan Proposal Bisnis sebanyak 200 peserta.

Informasi yang dihimpun dari Koordinator BDSP Kecamatan Kindang menyebutkan, kegiatan pelatihan ini dilakukan mulai Juli hingga September 2022.

“Pelatihan CPM dilakukan pada tanggal 26 Juli dan berakhir hari ini Minggu 25 September 2022 untuk tahun ini,” ucapnya.

Koodinator BDSP berharap program YESS ini bisa memberikan manfaat dan berefek terhadap perkembangan usaha di bidang pertanian dengan mengimplementasikan materi-materi yang telah disajikan.

Selain Koordinator BDSP, program YESS juga melibatkan Fasilitator Muda (Fasmud) yang bertugas di berbagai desa untuk memfasilitasi petani muda millenial yang memenuhi syarat sebagai peserta CPM dan menginput kedalam aplikasi MIS (Manajemen Information System)

Akbar salah satu Fasmud Kecamatan Kindang wilayah kerja Desa Orogading dan Tamaona sangat mengapresiasi adanya program ini.

Baca juga :  Danny Serukan Perkuatan Umat di Hadapan Seluruh Pegawai Kemenag Makassar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suatu Hari dengan Tanri Abeng, Manajer Profesional Pertama Indonesia

Oleh: M.Dahlan Abubakar Ahad (23/6/20224) kita dikagetkan dengan berita duka, Tanri Abeng, berpulang ke rakhmatullah pada pukul 02.36 di...

321 Mahasiswa dari 194 Perguruan Tinggi Kunjungi Enrekang dalam Program PMM

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE., MM., menerima kunjungan dan sekaligus menjadi narasumber dalam...

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...