spot_img

Mengubah Nasib

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Maju-mundurnya suatu masyarakat atau umat bergantung pada rekayasa sosial masyarakat tersebut, tidak terletak pada persoalan akidah mereka.

Dalam pandangan Shalahuddin Sanusi, yang melihat ketertinggalan umat Islam saat ini yang senantiasa hanya dibekali ta’lim dan bukan tadbir. Ummat Islam kurang dibekali kemampuan manajemen atau engineering, kemampuan berwirausaha, kemampuan ekonomi, apalagi kemampuan sosial planning.

Kadang muncul pertanyaan, kenapa umat Islam mundur, tertindas dalam hampir dalam semua sisi kehidupan? Shalahuddin Sanusi menegaskan, umat Islam hanya dibekali dengan ta’lim, sejak kecil hingga usia dewasa. Ada majlis ta’lim perempuan, majlis ta’lim laki- laki.

Umat Islam hanya diajak, tidak pernah diurus makannya, pendidikannya, dan  kerjanya; bagaimana menetapkan kerja, dari mana modalnya, bagaimana modal tersebut dikelola, dan bagaimana umat ini dikelola sebagai insan ekonomi.

Oleh karena itu, diperlukan suatu gerakan sosiologis. Gerakan sosiologis merupakan gerakan konkrit, gerakan problem solving. Setidaknya, ada dua tugas besar, yang harus ditegakkan oleh kita semua semua khalifah Allah di muka bumi ini.

Pertama, kita harus mampu menata kehidupan sosial yang aman, bersatu, damai, dan berakhlak mulia. Kedua, sebagai khalifah Allah di bumi, kita wajib menjadi insan yang inovatif, produktif, efisien, dan mandiri.

Dengan demikian, tantangan paling besar yang dihadapi umat Islam adalah menghilangkan ketergantungan dalam semua sisi kehidupan, guna mewujudkan masyarakat sejahtera lahir dan batin.

Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu umat, jika umat tersebut tidak berupaya untuk merubah diri mereka sendiri. Allah A’lam.

Baca juga :  Pastikan Kondusif, Kabag Ops dan Kasat Lantas Polres Pelabuhan Makassar Cek Pos Pam Operasi Lilin 2022

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sukses, Pesawat TNI AU Kirim Bantuan Logistik Untuk Warga Palestina, Termasuk Bantuan Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Bantuan logistik bagi warga Palestina terus mengalir, dan kali ini dengan metode yang cukup spektakuler,...

Ribuan Siswa SMP di Sinjai Akan Ikuti Ujian Sekolah Gunakan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Ribuan pelajar kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai pada pekan depan...

PJ Bupati Enrekang Pantau Pemberian Vaksinasi Meningitis Kepada 196 CJH

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 196 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Enrekang menerima vaksinasi Meningitis kamis (18/04/2024). Pemberian vaksinasi...

Kejari Enrekang Pimpin Upacara HKN dan Halal Bihalal, Manfaatkan Potensi SDA Untuk Kemajuan Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Hari kedua pasca libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriyah 2024, Pemerintah Kabupaten Enrekang...