spot_img

Mengubah Nasib

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Maju-mundurnya suatu masyarakat atau umat bergantung pada rekayasa sosial masyarakat tersebut, tidak terletak pada persoalan akidah mereka.

Dalam pandangan Shalahuddin Sanusi, yang melihat ketertinggalan umat Islam saat ini yang senantiasa hanya dibekali ta’lim dan bukan tadbir. Ummat Islam kurang dibekali kemampuan manajemen atau engineering, kemampuan berwirausaha, kemampuan ekonomi, apalagi kemampuan sosial planning.

Kadang muncul pertanyaan, kenapa umat Islam mundur, tertindas dalam hampir dalam semua sisi kehidupan? Shalahuddin Sanusi menegaskan, umat Islam hanya dibekali dengan ta’lim, sejak kecil hingga usia dewasa. Ada majlis ta’lim perempuan, majlis ta’lim laki- laki.

Umat Islam hanya diajak, tidak pernah diurus makannya, pendidikannya, dan  kerjanya; bagaimana menetapkan kerja, dari mana modalnya, bagaimana modal tersebut dikelola, dan bagaimana umat ini dikelola sebagai insan ekonomi.

Oleh karena itu, diperlukan suatu gerakan sosiologis. Gerakan sosiologis merupakan gerakan konkrit, gerakan problem solving. Setidaknya, ada dua tugas besar, yang harus ditegakkan oleh kita semua semua khalifah Allah di muka bumi ini.

Pertama, kita harus mampu menata kehidupan sosial yang aman, bersatu, damai, dan berakhlak mulia. Kedua, sebagai khalifah Allah di bumi, kita wajib menjadi insan yang inovatif, produktif, efisien, dan mandiri.

Dengan demikian, tantangan paling besar yang dihadapi umat Islam adalah menghilangkan ketergantungan dalam semua sisi kehidupan, guna mewujudkan masyarakat sejahtera lahir dan batin.

Allah SWT tidak akan mengubah nasib suatu umat, jika umat tersebut tidak berupaya untuk merubah diri mereka sendiri. Allah A’lam.

Baca juga :  JCH Asal Sinjai Didominasi oleh Lanjut Usia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...