spot_img

UCM Perkenalkan Teknik Cepat Hafal Alquran

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Universitas Cokroaminoto Makassar (UCM) memperkenalkan teknik cepat menghafal Alquran kepada anak didik yang belajar pada rumah tahfiz. Program tersebut memperoleh bantuan dana bagi pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendik Ristek). PKM tersebut dilaksanakan oleh Dr. Dwi Purnama Soiswaty, ST, MT selaku Ketua dengan anggota Nur Ifna, SEI, ME.

PKM tersebut bertajuk Teknik Cepat dan mudah dalam menghafal Alquran berbasis multimedia pada anak usis 4 tahun hingga 15 tahun di Rumah Tahfiz Balita dan Anak Ahlamy Kota Makassar.

Dr. Dwi Purnama Soiswaty menjelaskan, pelaksanaan PKM ini dilaksanakan oleh rumpun ilmu dan Program Studi Teknik/Elektro berkolaborasi dengan Program Studi Agama Islam/Ekonomi Syariah.

Dia mengatakan, PKM ini sejak Juni 2022 dimulai dengan pengambilan data. Pada tanggal 23 September 2022 dilaksanakan lokakarya, pelatihan, dan sosialisasi pada beberapa orang dan sedikitnya 48 murid.

“Pada awalnya peserta PKM ini hanya berkisar 20 orang, namun setelah melihat efektivitas hasil yang dicapai dan hasil pencarian santri baru berkembang menjadi 48 orang,” ujar Dwi Purnama Soiswaty kepada Humas UCM, Senin (26/09/2022).

Dwi Purnama Soiswaty mengatakan, teknik multimedia ini menggunakan sistem audio-video yang memberi kesempatan kepada anak didik dapat mendengar dan memahami bacaan 1 s/d 3 ayat dalam waktu tertentu. Bacaan dan video ini dapat distel oleh guru sebanyak 3 kali, kemudian anak-anak diberi kesempatan mengulangnya.

Baca juga :  Anggota DPRD Sulsel Ini Dukung Kegiatan Pekan Budaya dan Sinjai Expo

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...

Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024 Resmi Diluncurkan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, secara resmi meluncurkan tahapan pemilihan Bupati dan...

Piala Eropa 2024: Empat Tim Grup E Berebut ke 16 Besar

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Kemenangan Belgia atas Rumania 2-0, Ahad (23/6/2024) dinihari di Rheine Energie Stadion membuat pertarungan memperebutkan...