spot_img

Ada Kampung Pancasila Di Desa Cendana Putih Luwu Utara

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MASAMBA – Desa Cendana Putih, Kecamatan Mappedeceng, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, memiliki sebuah kampong bernama Kampung Pancasila.

Camat Mappedeceng, Nuranifah, kepada media ini via WhatsApp, Minggu (25/9/2022), mengatakan, baru ada satu Kampung Pancasila di Kabupaten Luwu Utara. Itu ada di Desa Cendana Putih Kecamatan Mappedeceng.

Dengan adanya Kampung Pancasila tersebut, kata Nurafinah, warga sekitar diharapkan dapat menjalankan nilai-nilai Pancasila secara keseluruhan. Seperti gotong-royong dan toleransi harus tetap dipertahankan di lingkungan setempat.

Nuranifah juga mengaku, siap membantu dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat terkhusus generasi muda, tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Alhamdulillah, Desa Cendana Putih, Kecamatan Mappedeceng sudah mengaplikasikan kehidupan dengan berlandaskan Pancasila,” kata mantan Sekcam Masamba dan juga mantan Kabid Fakir Miskin di Dinas Sosial Luwu Utara.

Camat Nuranifah menjelaskan bahwa, Kampung Pancasila semestinya harus ada di semua kecamatan di Luwu Utara, untuk membumikan Pancasila kepada semua lapisan masyarakat.

Kampung Pancasila yang baru dibentuk ini, katanya, akan menjadi role model bagi terbentuknya Kampung Pancasila lain di Luwu Utara.

Menurut Nuranifah, masih banyak masyarakat yang hanya bisa menyebutkan Pancasila saja. Tanpa mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.

“Hakikatnya yang penting. Sehingga dibumikan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Terbentuknya Kampung Pancasila, lanjut Nuranifah, berawal dari kesadaran masyarakat dan diharapkan juga bisa mencegah paham-paham radikal atau intoleransi yang dapat memecah belah bangsa.

Sementara Komandan Kodim 1403/Palopo, Letkol Inf Apriadi Nidjo, melalui Danramil 1403-11/ Masamba Kapten CBA Marten Luter Rango’o, mengatakan, pencanangan Kampung Pancasila ini tidak hanya akan selesai secara seremonial.

Baca juga :  Dipadati Pengunjung, Hari Pertama Pameran Alutsista TNI di Anjungan Pantai Losari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suatu Hari dengan Tanri Abeng, Manajer Profesional Pertama Indonesia

Oleh: M.Dahlan Abubakar Ahad (23/6/20224) kita dikagetkan dengan berita duka, Tanri Abeng, berpulang ke rakhmatullah pada pukul 02.36 di...

321 Mahasiswa dari 194 Perguruan Tinggi Kunjungi Enrekang dalam Program PMM

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE., MM., menerima kunjungan dan sekaligus menjadi narasumber dalam...

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Prof Naidah Naing Raih Penghargaan Dosen Peneliti Terbaik 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (UMI) khususnya Program Studi Arsitektur, patut berbangga karena, guru besarnya...