spot_img

Jemput Bola, Mendagri Serahkan KTP Digital dan KK Kepada WNI di Jepang

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TOKYO – Pelayanan administrasi kependudukan bagi WNI di luar negeri terus digencarkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

Kali ini bekerja sama dengan Kedutaan Besar RI Jepang, Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri menggelar layanan Adminduk bagi WNI di Jepang.

Kegiatan jemput bola ini dilaksanakan di Tokyo dan Sapporo, ibu kota Prefektur Hokkaido, Jepang dari Jumat (23/09/2022) hingga Jumat (30/09/2022) mendatang.

Hadir pada kesempatan pertama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian didampingi sejumlah pejabat Eselon I di antaranya Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh. Hadir juga Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dan Dirut BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti yang sekaligus menyampaikan sosialisasi soal layanan adminduk di Jepang serta kepesertaan dan manfaat Program JKN KIS bagi WNI di Jepang.

Kegiatan diawali di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) yang menyediakan 4 jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP hingga SMA bagi WNI di Tokyo, Senin (26/09/2022).

Para Orang Tua siswa, para guru dan para penduduk yang berada di wilayah Tokyo datang ke SRIT untuk diberikan pelayanan adminduk seperti rekam biometrik, cetak KK, diberikan NIT dan diberikan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan, berkat teknologi digital pelayanan Adminduk ini yang sudah serba online bisa terwujud hingga di luar negeri dan tugas negara harus hadir untuk melayani semua penduduk tidak terkecuali yang di luar negeri.

“Dukcapil sudah punya sistem SIAK Luar Negeri sehingga ruang pelayanan Adminduk bisa meliputi selain di 514 kabupaten/kota, juga di 128 Perwakilan RI di luar negeri,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Baca juga :  Pemerintah dan Baznas Enrekang Berikan Bantuan Kepada Korban Kebakaran di Kelurahan Galonta

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...