spot_img

Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Jerman Berbasis Web Berdasarkan Media Sosial Bagi IGBJI Sulbar

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SULAWESI BARAT – Saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk hiburan semata, tetapi media sosial dapat pula digunakan sebagai media pembelajaran, dalam hal ini pembelajaran bahasa Jerman.

Penggunaan media sosial ini menjadi aplikasi pembelajaran yang interaktif dan inovatif yang dapat diterapkan oleh guru-guru bahasa Jerman dan bagi siswa media sosial ini terasa menyenangkan dan dapat memudahkan siswa dalam mempelajari bahasa Jerman.

Seperti diketahui, siswa-siswi saat ini adalah siswa-siswi yang termasuk dalam generasi Z atau generasi yang aktif terhadap penggunaan media sosial. Sehingga, inovasi media pembelajaran sangat penting dikembangkan terkhusus pada masa pandemi Covid-19.

Sejalan dengan itu, pengembangan bahan ajar sangat dibutuhkan. Dan berkaitan dengan hal tersebut, tim PKM Universitas Negeri Makassar yang terdiri dari Dr. Laelah Azizah, M.Hum, Dr. Misnah Mannahali, M.Pd, dan Dr. Ambo Dalle, M.Hum, mengadakan pelatihan kepada guru-guru bahasa Jerman yang ada di Sulawesi Barat yang tergabung dalam Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia (IGBJI) Sulawesi Barat terkait penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa Jerman agar guru-guru tidak tertinggal terhadap zaman digitalisasi.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan dan membekali guru-guru bahasa Jerman di Sulawesi Barat agar memvariasikan berbagai media online dalam mendukung kegiatan belajar mengajar.

Pada pelatihan ini, guru-guru dilatih menggunakan berbagai macam media sosial seperti instagram, tik-tok, WhatsApp, dan lain-lainnya dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Peserta dibimbing langkah demi langkah secara langsung. Guru-guru terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini dan berharap agar kedepannya kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali.

Baca juga :  Gelar New Year Party 2023-2024, NJM : Acara ini No Politics

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...