spot_img

Seminar Literasi Digital, Bupati ASA Paparkan Inovasi Pemkab Sinjai

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) didaulat menjadi narasumber dalam Seminar Pendidikan yang bertema “Membangun Generasi Digital dengan Kearifan Digital”, Rabu (28/09/2022).

Kegiatan ini berlangsung di Balai Manunggal Jenderal M. Yusuf Makassar secara hibrid, baik offline dan online, sedangkan Bupati ASA mengikutinya melalui virtual zoom langsung dari ruang rapat Rumah Jabatan Bupati, Jalan Persatuan Raya, Sinjai.

Dalam pemaparannya, Bupati ASA membeberkan potensi perkembangan literasi digital di Kabupaten Sinjai khususnya dalam bidang pemerintahan dan pendidikan.

Di bidang pemerintahan, kata ASA, Pemkab Sinjai telah memiliki beberapa inovasi dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satunya dengan memanfaatkan website resmi Pemkab Sinjai yaitu www.sinjaikab.go.id, demikian pula dalam pengembangan website perangkat daerah.

Selain itu, inovasi literasi digital masyarakat desa melalui smart kampung. Dalam program ini setiap desa melalui website desa bisa dengan mudah menampilkan semua potensi yang ada di desanya serta memudahkan masyarakat dalam pelayanan publik.

“Ini yang terus kita dorong termasuk seluruh OPD kita wajibkan untuk memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan begitu warga tidak perlu lagi datang ke kantor desa atau OPD, tetapi hanya dengan menggunakan gadget masyarakat dapat mengakses layanan administrasi yang dibutuhkan,” jelasnya.

Di bidang pendidikan, Bupati ASA memperkenalkan ‘MACCA’. Inovasi ini memanfaatkan teknologi informasi dalam segala bentuk aktifitas, baik dalam proses belajar mengajar, pengembangan kapasitas pendidik maupun dalam pengembangan metode pembelajaran.

“Metode ini yang kita manfaatkan selama pandemi Covid-19, sehingga anak-anak kita tetap aktif belajar dengan menggunakan teknologi. Metode ini juga mendapat pengakuan dari Kemendikbud Ristek RI,” ungkapnya.

Baca juga :  Dilantik, Pengurus Cabang YK ROMBSIS Sulsel Diketuai Apiaty Amin Syam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Obituari H.Masri Pulubuhu bin Armain, Kami Dipertemukan Lagi Saat Suksesi

Catatan M.Dahlan Abubakar KAMIS (20/6/2024) siang ini, Whatsapp Grup Dosen Unhas merilis berita duka. “Inna lillahi wainnaa ilaihi raaji'uu”n....

Oknum Caleg Terpilih di Pinrang, Penuhi Panggilan Polisi

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Oknum Calon Anggota Legislatif dari salah satu Partai di Pinrang yang terpilih pada Pemilu Legislatif...

Perkuat Pelayanan, Jamkrindo Resmikan Tiga Gedung Kantor Baru

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), pionir penjaminan kredit di Indonesia, berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan pelayanan...

Euro 2024 : Jerman Tim Pertama ke Babak Kedua

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim tuan rumah Jerman memastikan diri sebagai tim pertama yang melaju ke babak kedua Grup...