spot_img

Donny de Keizer : Ekspresi Wajah Puan Lebih Kuat dari Kata-Kata

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA – Ekspresi wajah Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang masam dan cemberut di media sosial mendapat beragam komentar dari masyarakat. Meski buru-buru diklarifikasi oleh Ketua DPP PDIP Said Abdullah, namun video yang menunjukkan ekspresi wajah Puan nyaris tanpa senyum saat membagikan kaus di Bekasi itu sudah terlanjur viral.

Ketua Umum IPSA (Indonesian Professional Speakers Association) Donny de Keizer ikut mengomentari hal itu dari perspektif komunikasi. “Pejabat publik seperti mbak Puan ini kan kemana-mana disorot kamera jurnalis dan beliau juga pasti sadar hal ini. Karena itu seharusnya mbak Puan bisa mengelola ekspresi wajahnya saat berada di ranah publik, apalagi saat berinteraksi dengan masyarakat,” ungkap Donny.

Lebih lanjut dikatakan, setiap politisi harus paham ada panggung depan dan panggung belakang. Panggung depan adalah saat ia tampil di depan publik maka secapek apapun ia tetap harus bisa mengendalikan ekspresi wajahnya.

“Ingat, dimana-mana ada kamera. Secapek apapun harus tetap senyum. Perkara nanti mau marah atau menegur walpri yang tidak bekerja sesuai tupoksinya itu nanti urusan dibelakang layar alias panggung belakang,” ungkap Donny.

Dari sudut pandang ilmu komunikasi, ekspresi wajah seseorang merupakan sebuah bentuk komunikasi non verbal. Ekspresi wajah bukan saja hanya mampu mengomunikasikan ide atau pikiran seseorang. Lebih dari itu ekspresi wajah bisa menunjukkan emosi seseorang.

“Ekspresi wajah ini lebih jelas dan lebih kuat dari pada kata-kata. Seseorang bisa saja berkata-kata tertentu namun bila ekspresi wajahnya tidak sesuai dengan apa yang diucapkan berarti ada sesuatu yang disembunyikan atau tidak konsisten dengan ucapannya,” terang Donny.

Baca juga :  Mahasiswa Bima Gagas Sosialisasi Lulusan SMA di KM Tilongkabila

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

BSI Regional Makassar Salurkan 80 Hewan Kurban Kepada Masyarakat

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bank Syariah Indonesia Regional Makassar menyalurkan 80 hewan kurban pada masyarakat di momen Idul Adha...

Tuntutan JPU Terlalu Ringan Dalam Kasus Dugaan Penganiayaan, Cuma 2 Bulan Penjara

PEDOMANRAKYAT, SINJAI - Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai terhadap tersangka kasus dugaan penganiayaan menuai...

Dharmasanti Waisak se-Sulselbar Tahun 2568BE / 2024M di Kota Parepare Berlangsung Sukses

PEDOMANRAKYAT, PAREPARE - Waisak adalah milik kita semua dan milik kita bersama. Esensi dari tiga peristiwa yang diperingati...

Sedang Tunaikan Ibadah Haji, Sujud Syukur Sekda Takalar Atas Kelulusan Muh Irsyaad di FK Unhas

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Semua orang tua menginginkan yang terbaik buat pendidikan anak-anaknya ketika mengenyam pendidikan di perguruan tinggi...