spot_img

Kapolres Torut Pimpin Pengamanan, Eksekusi Lahan di Pasar Bolu Berjalan Lancar

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, TALLUNGLIPU – Kepolisian Resor Toraja Utara (Polres Torut) Polda Sulsel melakukan pengamanan proses eksekusi lahan yang sebelumnya sempat tertunda yang dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri Makale di Pasar Bolu Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Rabu (28/09/2022).

Dalam pengamanan eksekusi tersebut, Kapolres Torut menurunkan ratusan personel gabungan Polres Torut dan dibackup oleh personel Brimob Batalyon D Baebunta serta personel Kodim 1414/Tator. Pengamanan proses eksekusi itu bertujuan untuk  mengantisipasi adanya pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebelum turunkan pengamanan, dilakukan  gelar apel kesiapan di halaman Mapolres Toraja Utara yang dipimpin langsung oleh Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, guna dibekali cara bertindak personel yang terlibat dalam pengamanan eksekusi.

Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso didampingi Kabag Ops Kompol Marthen T  saat ditemui disela-sela berjalannya eksekusi mengatakan, dalam proses pengamanan eksekusi ini, pihaknya melakukan secara humanis dan soft approach.

”Proses eksekusi hari ini sudah berjalan sesuai ketentuan. Dimana pendahuluan dilakukan pembacaan surat penetapan eksekusi dari pihak pengadilan kemudian dilanjutkan pembongkaran bangunan berupa kios yang ada diatas lahan sengketa,” ujarnya.

Pengamanan eksekusi hari ini masih menggunakan metode “The Power Of Silaturrahmi” dengan mengedepakan cara berdialog dalam penyelesaian suatu masalah, sama seperti metode yang diterapkan dalam proses relokasi sebelumnya.

“Selain mengamankan jalannya proses eksekusi oleh pihak terkait, personel yang terlibat pengamanan wajib menjaga keselamatan jiwa (orang) maupun objek lain di luar objek sengketa tanah dan bangunan yang akan dieksekusi,” terangnya.

Baca juga :  Bersama APKASI, Bupati ASA Lakukan Kunjungan ke Eropa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Achmad Ilham : Kampung Barombong No.61 Blok 007 Adalah Tanah Adat C1 Bukan Ex Verponding

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Achmad Ilham, SH, MH, CPL mengungkap keterangan palsu di sidang perdata No. 233 yang digelar...

Euro 2024 : Jerman & Swiss Petik Poin Penuh

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR - Tuan rumah Jerman dan Swiss masing-masing memetik angka penuh, 3, dalam pertandingan perdana di...

Henry Pongrekun Resmi Terima Rekomendasi Hanura: Siap Bertarung di Tana Toraja

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tak henti-hentinya DPD Hanura Sulsel dilirik oleh calon kepala daerah (Cakada) di Sulsel, kali ini...

Farouk M Beta: IKB PPSP Organisasi Luar Biasa, Panitia Haul Akbar Syekh Yusuf ke 325 Tahun Dibubarkan

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Haul atau Tammu Taunna Syekh Yusuf Al-Makassari sudah dilaksanakan dua kali  (2023 dan 2024 )...