spot_img

Pelatihan Keterampilan Membuat Konstruksi Penjernih Air Berbahan Lokal di Desa Betao Kabupaten Sidrap

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SIDRAP – Tim dari kumpulan Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Univesitas Negeri Makassar melakukan pelatihan membuat Konstruksi Penjernih Air berbahan lokal dalam upaya pencegahan Covid-19 di Desa Betao, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Pelatihan tersebut dilakukan melalui kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Univesitas Negeri Makassar (LP2M UNM) tahun 2022.

Ketua pelaksana kegiatan Drs. Panennungi T, MT dan didampingi anggota pelaksana Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, IPU memberikan materi pelatihan meliputi desain Konstruksi Penjerniah Air dan sekaligus melatih mitra melakukan pembuatan Konstruksi Penjernih Air berbahan lokal.

Sementara Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, IPU sekaligus pengabdi menyampaikan, kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Pengabdi kepada masyarakat dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan melalui LP2M UNM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan kita bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Pelatihan ini sangat direspon oleh pemerintah setempat dalam hal ini Kepala Desa Betao, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap.
Hal ini mengingat bahwa pada musin hujan masyarakat di desa ini masih mengambil air dari sumur dangkal yang airnya keruh. Dengan kegiatan konstruksi penjernih air ini sangat memungkinkan kebutuhan air masyarakat sehari-hari akan terpenuhi, termasuk untuk keperluan kebutuhan rumah tangga serta mencuci tangan guna pencegahan Covid-19.

“Kami mewakili masyarakat di wilayah ini sangat bersyukur dengan adanya kegiatan pembuatan konstruksi air bersih sehingga ke depannya sudah dapat menikmati air bersih untuk kebutuhan rumah tangga kami,” ujar kepala desa dengan sangat bersyukur. (ucu)

Baca juga :  Wujud Tali Asih Pangdam XIV/Hsn Kepada 4 Anak Di Bone

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

9 Warga Sinjai Terkena Campak, Ini Penyebabanya

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mencatat ada 9 kasus positif campak hingga pekan ketiga bulan...

Jelang Idul Adha, Masjid Nailul Ma’ram Sinjai Buka Donasi Hewan Kurban

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Menjelang hari raya Idul Adha 2024 M / 1445 H, Masjid Jami Nailul Ma'ram Kabupaten...

Aksi DPO ini Berakhir Ditangan Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejari Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Makassar, melakukan penangkapan terhadap Daftar Pencarian Orang (DPO)...

Ketua Bawaslu Enrekang Melantik 36 Anggot Panwascam Untuk Pemilu 2024

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG -- Secara resmi, Ketua Bawaslu Enrekang, Hamdan Hidadayat, melantik dan mengambil sumpah janji, serta memberikan pembekalan...