spot_img

Pelatihan Keterampilan Membuat Konstruksi Penjernih Air Berbahan Lokal di Desa Betao Kabupaten Sidrap

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SIDRAP – Tim dari kumpulan Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Univesitas Negeri Makassar melakukan pelatihan membuat Konstruksi Penjernih Air berbahan lokal dalam upaya pencegahan Covid-19 di Desa Betao, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap).

Pelatihan tersebut dilakukan melalui kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Univesitas Negeri Makassar (LP2M UNM) tahun 2022.

Ketua pelaksana kegiatan Drs. Panennungi T, MT dan didampingi anggota pelaksana Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, IPU memberikan materi pelatihan meliputi desain Konstruksi Penjerniah Air dan sekaligus melatih mitra melakukan pembuatan Konstruksi Penjernih Air berbahan lokal.

Sementara Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, IPU sekaligus pengabdi menyampaikan, kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Pengabdi kepada masyarakat dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan melalui LP2M UNM ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan kita bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Pelatihan ini sangat direspon oleh pemerintah setempat dalam hal ini Kepala Desa Betao, Kecamatan Pitu Riawa, Kabupaten Sidrap.
Hal ini mengingat bahwa pada musin hujan masyarakat di desa ini masih mengambil air dari sumur dangkal yang airnya keruh. Dengan kegiatan konstruksi penjernih air ini sangat memungkinkan kebutuhan air masyarakat sehari-hari akan terpenuhi, termasuk untuk keperluan kebutuhan rumah tangga serta mencuci tangan guna pencegahan Covid-19.

“Kami mewakili masyarakat di wilayah ini sangat bersyukur dengan adanya kegiatan pembuatan konstruksi air bersih sehingga ke depannya sudah dapat menikmati air bersih untuk kebutuhan rumah tangga kami,” ujar kepala desa dengan sangat bersyukur. (ucu)

Baca juga :  Partai Nasdem Tana Toraja Buka Rekrutmen Calon Legislatif 2024

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Upaya Disdik Sinjai Realisasikan Program ‘Sinjai Bebas Paket A’

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Salah satu program unggulan Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di bidang pendidikan adalah Sinjai...

Sukses, Pesawat TNI AU Kirim Bantuan Logistik Untuk Warga Palestina, Termasuk Bantuan Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Bantuan logistik bagi warga Palestina terus mengalir, dan kali ini dengan metode yang cukup spektakuler,...

Ribuan Siswa SMP di Sinjai Akan Ikuti Ujian Sekolah Gunakan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Ribuan pelajar kelas IX tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai pada pekan depan...

PJ Bupati Enrekang Pantau Pemberian Vaksinasi Meningitis Kepada 196 CJH

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Sebanyak 196 Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Enrekang menerima vaksinasi Meningitis kamis (18/04/2024). Pemberian vaksinasi...