spot_img

In Memoriam Sahban Liba: Kerja di Jakarta, Dirikan Kampus di Makassar

Bagikan:

Tanggal:

Oleh: Asnawin Aminuddin (Pemerhati Pendidikan)

Innalilahi wainna ilaihi raji’un. Telah berpulang ke Rahmatullah, ayahanda kami, Dr H Sahban Liba, Sabtu, 01 September 2022, pada pukul 07.00 Wita, di Jalan Abdullah Daeng Sirua, No. 106, Makassar.
Kami memohonkan maaf Ayahanda kami kepada para tetua, keluarga, kerabat dan para sahabat apabila ada kesalahan yang pernah diperbuat oleh Ayahanda kami.

Semoga Allah SWT mengampuni seluruh dosa *Almarhum ayahanda kami*, dan semoga diterima seluruh amal ibadahnya dan dijadikan kuburnya sebagai taman surga.
Aamiin…Aamiin…Aamiin
Yaa Robbal ‘Alamin……

Demikian postingan Hernita Anindita Sahban di akun Facebook-nya, Sabtu, 01 Oktober 2022. Dr Hernita SE MM yang saat ini menjabat Ketua STIM Lasharan Jaya Makassar adalah anak pertama dari Dr Sahban Liba.

Sahban Liba adalah pendiri Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Lasharan Jaya Makassar. Sekolah tinggi ini awalnya bernama Akademi Manajemen Perdagangan (Amdag) dan didirikan tahun 1998.

Amdag kemudian ditingkatkan menjadi sekolah tinggi dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya disingkat STIM-Lash Jaya Makassar, pada Juli 2001.

Letkol Marinir (Purn) Dr H Sahban Liba meninggal dunia dalam usia 85 tahun. Ia lahir di Desa Kalosi, Kecamatan Alla, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, 18 Agustus 1937.

Setelah menamatkan Sekolah Dasar di Kalosi, Enrekang, Sahban hijrah ke Makassar dan melanjutkan sekolah di SMP Muallimin Muhammadiyah (Jl. Muhammadiyah) dan SMP Perindo (Jl. Lamadukkelleng).

Jiwa petualang dan keinginan yang kuat untuk sekolah kemudian mengantarnya berangkat ke Surabaya. Sahban berhasil lulus pada ujian persamaan Sekolah Guru Bawah (SGB) Surabaya dan kemudian lulus tes masuk Sekolah Guru Atas (SGA) Surabaya yang memberi beasiswa ikatan dinas.

Baca juga :  Hj. Jawang Jadi Assaji-Saji Di Masjid Fastabiqul Khairat Desa Patikaya Selayar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

9 Warga Sinjai Terkena Campak, Ini Penyebabanya

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sinjai mencatat ada 9 kasus positif campak hingga pekan ketiga bulan...

Jelang Idul Adha, Masjid Nailul Ma’ram Sinjai Buka Donasi Hewan Kurban

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Menjelang hari raya Idul Adha 2024 M / 1445 H, Masjid Jami Nailul Ma'ram Kabupaten...

Aksi DPO ini Berakhir Ditangan Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejari Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Tim Intelijen dan Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Makassar, melakukan penangkapan terhadap Daftar Pencarian Orang (DPO)...

Ketua Bawaslu Enrekang Melantik 36 Anggot Panwascam Untuk Pemilu 2024

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG -- Secara resmi, Ketua Bawaslu Enrekang, Hamdan Hidadayat, melantik dan mengambil sumpah janji, serta memberikan pembekalan...