spot_img

Mengenal Kiprah dan Sosok Kades Tamalanrea dari Cerita Warga

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, KEPULAUAN SELAYAR – Desa Tamalanrea merupakan salah satu dari dua belas desa dan kelurahan yang secara administratif terletak di wilayah Pemerintahan Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan. Wilayah yang didiami oleh kurang lebih 1.731 jiwa ini, sepenuhnya menggantungkan ekonomi serta kehidupan keluarga dari hasil berkebun dan bertani.

Kepala Desa Tamalanrea, Awaluddin, SS yang belum lama ini, disambangi oleh wartawan di ruang kerjanya, secara tegas dan lugas memaparkan serapan potensi wilayah desanya yang tercatat merupakan penghasil jambu mente terbesar di seluruh wilayah daratan dan Kepulauan Selayar.

Tidak tanggung-tanggung, dalam sekali musim panen, hasil perkebunan jambu mente di wilayah tersebut, bisa mencapai seratus lima puluh ton dalam setahun.

Awaluddin bahkan dengan percaya diri menyebut, hampir setiap selesai musim panen, petani dari kampung tetangga, rutin menjadikan Desa Tamalanrea sebagai titik kumpul untuk memasarkan komoditi jambu mente milik mereka, ke pengusaha dan pedagang pengumpul yang terdapat di wilayah itu.

Didiami oleh kurang lebih sepuluh orang pedagang pengumpul jambu mente, membuat Desa Tamalanrea tak pernah sepi dari aktivitas transaksi ekonomi.

Namun sayang, karena pada bulan-bulan tertentu, petani harus rela menjual komoditas jambu mente milik mereka di bawah standar harga dengan mempertimbangkan persoalan tingginya kadar air dan pembusukan sebagian buah jambu, akibat curah hujan tinggi yang biasanya berlangsung pada medio bulan Desember tahun berjalan.

Kondisi ini, kata Awaluddin, biasanya berlangsung antara bulan Desember hingga bulan Februari. Petani harus merugi selama hampir kurang lebih tiga bulan sebagai akibat dari terus merosotnya harga jambu mente.

Baca juga :  Ketua Komisi B DPRD Sulsel Soroti Serapan Anggaran Dinas TPHP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hari Pertama Kerja, MPP Sinjai Mulai Ramai Pengunjung

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Aktivitas Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Sinjai terlihat kembali aktif pascalibur Lebaran 1445 Hijriah, Selasa...

Nihil Hari Kedua Pencarian Dua Korban Palangka

PEDOMANRAKYAT - MAKALE, Pencarian dua orang korban longsor di Palangka, kelurahan Manggau, Senin (15/4) dilanjutkan. Dua korban masih dalam...

Peduli Sesama Warga, Victor Datuan Batara Berikan Sembako Korban Tanah Longsor

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.- Lagi lagi Victor Datuan Batara dengan kepeduliannya meninjau langsung lokasi kejadian Bencana tanah longsor dan...

Warga Perantau Serbu Kue Khas Sinjai “Poto-poto”

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Libur lebaran idul fitri 1445 hijriyah, toko oleh-oleh khas Sinjai diserbu oleh warga. Mereka kebanyakan...