spot_img

Pemkab Sinjai Hadiri Panen Perdana Kedelai di Bulupoddo

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Ilham Abubakar menghadiri panen perdana komoditas kedelai di Dusun Hilalang, Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo, Selasa (04/10/2022).

Panen dilaksanakan di lahan sawah seluas satu hektare yang dikelola oleh Kelompok Tani Sipakainge ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan yang merupakan program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Lamatti Riaja.

Camat Bulupoddo Syahrul Paesa mengatakan, budidaya kedelai di Kecamatan Bulupoddo saat ini dikembangkan oleh dua desa yaitu Desa Lamatti Riaja dan Lamatti Riawang.

Hal ini dilakukan mengingat lahan di Kecamatan Bulupoddo sangat berpotensi pengembangan budidaya tanaman yang merupakan bahan baku pembuatan tempe dan tahu.

Iapun berharap melalui panen perdana yang dilakukan hari ini bisa memicu petani di desa lain untuk mengembangkan tanaman kedelai yang saat ini menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

“Apalagi di Desa Lamatti Riaja ini memiliki Bumdes Makkuraga yang memiliki usaha pabrik tempe dan tahu sehingga mudah-mudahan ini bisa memenuhi bahan baku bagi Bumdes yang saat ini masih kesulitan memenuhi bahan baku untuk produksi,” jelasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin sangat bersyukur dengan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Bulupoddo dan Pemerintah desa setempat dalam mengembangkan komoditi kedelai.

Menurutnya, komoditi ini adalah merupakan program utama Kementerian Pertanian yang saat ini dikembangkan sebab kedelai adalah komoditi pertanian yang paling banyak diimpor.

Baca juga :  Pendaftaran PPDB Berakhir Besok, SMAN 5 Sinjai Masih Kekurangan Siswa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Momen HBA Ke-64 dan HUT IAD Ke-24, Kejati Sulsel Berbagi Tali Asih Bersama Anak Yatim

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024 dan HUT ke-24 Ikatan Adhyaksa...

Sambut HBA Ke-64, Kejati Sulsel Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kajati Sulsel Agus Salim membuka secara resmi kegiatan Donor Darah yang merupakan rangkaian Kegiatan Bakti...

Pengunjung dan Pasien Rawat Jalan RSUD Sinjai Diajari Etika Batuk

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pengunjung Rumah Sakit dan Pasien yang berada di Ruang Tunggu Poli Rawat Jalan Rumah Sakit...

BSI Imbau Nasabah Selalu Waspadai Modus Penipuan

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengimbau kepada nasabah agar tetap waspada terhadap berbagai modus...