Pesan Kebenaran Musa AS Kepada Firaun

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Alquran Firaun seorang raja Mesir kuno sebagai lambang kejahatan yang berkuasa secara semena-mena. Di antara penduduk Mesir saat itu, adalah kaum Yahudi, yang mewarisi moyang mereka Ibrahim AS.

Walau kaum Yahudi agak menyimpang dari ajaran Ibrahim AS, namun mereka masih memiliki potensi kebenaran dan keadilan yang lebih besar daripada bangsa Mesir di bawah kekuasaan Firaun. Akibatnya, kaum Yahudi ditindas dan diperbudak oleh sang penguasa zalim saat itu.

Musa adalah seorang Yahudi, yang secara ironis dibesarkan di kalangan istana Firaun. Musa dapat dikatakan tumbuh sebagai bagian dari establishment, meskipun kemudian mampu melepaskan diri dari bagian kehidupan istana.

Allah SWT memerintahkan Musa AS membebaskan bangsa Yahudi dari cengkeraman kekuasaan zalim Firaun saat itu. Peristiwa tersebut terjadi setelah Musa AS tinggal kurang lebih delapan tahun bersama Nabi Syu’aib di Madyan dan mendapat pelajaran lebih mendalam tentang Tauhid dari dari Nabi yang juga mertuanya sendiri.

Musa memohon kepada Allah SWT agar Harun AS yang juga merupakan keluarganya ikut membantunya menghadapi Firaun.

Harun AS adalah seorang Nabi yang memiliki lidah yang lebih fasih. Keduanya lalu menemui Firaun, menyampaikan pesan keadilan dan kebenaran. QS 20: 43- 44.

Allah SWT berpesan kepada Musa AS dan Harun AS untuk menggunakan tutur kata yang lembut kepada Firaun yang bengis itu, sebagai upaya persuasif agar Firaun menerima segala sesuatu yang disampaikan oleh Musa AS dan Harun AS.

Baca juga :  Terima Bantuan Bibit dari Pemprov, Bupati ASA Harap Kejayaan Kakao Bisa Bangkit

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tim Juri IMA 2022 Lakukan Verifikasi Lapangan di SD Negeri Kompleks Sambung Jawa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Tim juri lomba Innovation Major Awards (IMA) 2022 melakukan verifikasi lapangan di sekolah-sekolah yang masuk...

Pangdam Hasanuddin Apresiasi Kerja Keras Bea Cukai Lindungi Masyarakat Indonesia

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, SIP, S.Sos, M.Tr (Han) menghadiri kegiatan pemusnahan...

Antisipasi Cuaca Buruk, Satpolair Polres Pelabuhan Makassar Berikan Imbauan Keselamatan Nelayan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -  Mengantisipasi cuaca buruk, Satuan Polisi Perairan Polres Pelabuhan Makassar melaksanakan patroli dan sambang sekaligus memberikan...

Lakukan Patroli Dialogis, Bhabinkamtibmas Camba Berua Bagikan Brosur Pengaduan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sembari memantau wilayah binaannya, Bhabinkamtibmas Kelurahan Camba Berua, Aipda Nur Syamsu Alam melakukan patroli dialogis...