spot_img

Kapolres Torut Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan di Musim Hujan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA – Kondisi cuaca ekstrim yang ditandai dengan curah hujan cukup tinggi beberapa hari belakangan ini, mengindikasikan adanya potensi terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Menyikapi dinamika situasi alam tersebut, Kepala Kepolisian Resor Toraja Utara (Kapolres Torut) AKBP Eko Suroso, mengimbau segenap lapisan masyarakat untuk lebih hati-hati dan senantiasa meningkatkan kewaspadaan.

Pengaruh cuaca yang sangat cepat berubah di beberapa daerah terlebih pada malam hari yang terkadang tiba-tiba terjadi hembusan angin kencang disertai hujan deras, tentunya harus menjadi antisipasi seluruh masyarakat sebelum menjadi sebuah bencana.

“Masyarakat yang tinggal di lereng perbukitan, harus ekstra hati-hati dan antisipasi akan kondisi cuaca ekstrim yang dapat berpotensi terjadi bencana alam,” imbau Kapolres Toraja Utara saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/10/2022).

Menurutnya, Kabupaten Toraja Utara merupakan daerah yang memiliki aliran sungai dan sebagian besar merupakan wilayah perbukitan. Apabila curah hujan meningkat, tanah akan bergeser mengerus lereng-lereng hingga menyebabkan erosi tanah dan kemudian terjadi longsor.

Lanjut Kapolres Torut, Ia berharap seluruh masyarakat tetap mengantisipasi terjadinya bencana alam baik banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang yang bisa datang kapan saja.

Untuk para pengguna kendaraan bermotor, juga diminta lebih waspada dengan mengurangi kecepatan sebagai antisipasi manakala tiba-tiba terjadi tanah longsor ataupun pohon tumbang yang dapat menimpa pengendara.

Kapolres Toraja Utara AKBP AKBP Eko Suroso, SIK juga telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolsek Jajaran tak lepas dari peran Bhabinkamtibmas agar rutin memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan bila terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi disertai angin kencang.

Baca juga :  Sebelum Awali Tugas di Korem 143/HO Kendari, Pangdam XIV/Hsn Bersama PJU dan Persit Jalan Sehat Sambil Pantau Kondisi Wilayah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Momen HBA Ke-64 dan HUT IAD Ke-24, Kejati Sulsel Berbagi Tali Asih Bersama Anak Yatim

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024 dan HUT ke-24 Ikatan Adhyaksa...

Sambut HBA Ke-64, Kejati Sulsel Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kajati Sulsel Agus Salim membuka secara resmi kegiatan Donor Darah yang merupakan rangkaian Kegiatan Bakti...

Pengunjung dan Pasien Rawat Jalan RSUD Sinjai Diajari Etika Batuk

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pengunjung Rumah Sakit dan Pasien yang berada di Ruang Tunggu Poli Rawat Jalan Rumah Sakit...

BSI Imbau Nasabah Selalu Waspadai Modus Penipuan

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengimbau kepada nasabah agar tetap waspada terhadap berbagai modus...