spot_img

Pemeriksaan IVA dan Sosialisasi Sadari di Posyandu Yonif Raider 300/Bjw

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, CIANJUR – Kegiatan pemeriksaan IVA Test dan Sosialisasi Sadari merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan untuk deteksi dini dan menambah pengetahuan tentang bahaya kanker rahim dan kanker payudara.

Hal tersebut yang disampaikan Ketua Persit KCK Cabang XLIII Yonif Raider 300/Bjw Kodam III Siliwangi, Ny. Afri Swandi Ritonga dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Cianjur, Jumat (14/10/2022).

Dijelaskan Ketua Persit KCK Yonif Raider 300/Bjw Kodam III Siliwangi, tujuan pemeriksaan IVA dan Sosialisasi Sadari atau periksa payudara sendiri adalah untuk mengetahui secara dini adanya kelainan pada leher rahim dan payudara sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya stadium lanjut dan bisa mendapatkan intervensi pengobatan secara cepat pada saat kelainan pada leher rahim dan payudara tersebut masih dalam stadium awal.

Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 80 ibu-ibu Persit Yonif Raider 300/Bjw yang sangat antusias mengikuti pemeriksaan dengan rela antri menunggu giliran untuk diperiksa oleh para bidan dari Puskesmas Karang Tengah yang sudah profesional di bidangnya.

Dalam pelaksanaannya, dipimpin langsung oleh dr. Nenden yang kesehariannya bertugas sebagai Kepala Puskesmas Karang Tengah Cianjur, dan dalam keterangannya menjelaskan, pemeriksaan IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat dilaksanakan dengan cara meneteskan asam asetat ke leher rahim, perubahan warna akan menunjukan ada atau tidaknya masalah pada leher rahim.

Dalam pelaksanaan Sosialisasi Sadari, Lettu Ckm dr. Bayu Indra Utama yang menjabat sebagai Dokter Yonif Raider 300/Bjw menyampaikan, kanker payudara merupakan salah satu kanker dengan persentase kejadian cukup tinggi dan menjadi salah satu penyebab kematian akibat kanker, karena hampir sebagian besar pasien kanker payudara tidak menyadari munculnya penyakit pada saat masih dalam stadium awal. Padahal, jika terdeteksi dini dan segera diterapi, sebetulnya kanker bisa kita laksanakan terapi dengan hasil prognosa cukup baik.

Baca juga :  Andi Sudirman Resmikan Proyek Irigasi Sidrap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...

Piala Copa America 2024: La Celeste Rebut Juara III via Adu Penalti

PEDOMANRAKYAT, AMERIKA SERIKAT. La Celester, julukan tim nasional Uruguay juara Piala Copa America 15 kali, merebut juara III...