spot_img

Bima Segera Miliki IAIN

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MATARAM – Mimpi masyarakat Kota dan Kabupaten Bima akan hadirnya perguruan tinggi di negeri itu, akan segera terwujud. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bima diharapkan tahun 2023 sudah akan menerima mahasiswa baru.

Hal itu terungkap dalam rapat paripurna Tim Pendirian IAIN Bima yang dilaksanakan di Hotel Pullman Mandalika Lombok Tengah, Jumat (21/10/2022).

Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA selaku Tim Pendirian IAIN Bima melaporkan, pertemuan di Mataram tersebut sangat menyenangkan dan menggembirakan. Rapat dihadiri secara lengkap oleh Tim Kemenag, Dirjen Pendis, Kepala Badan Litbang, Plt. Direktur PTKI dan semua Kasubdit dan anggota, Tim dari Bima : Wali Kota Bima, Sekda, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, serta Tim Akademik : Prof. Dr. Ahmad Thib Raya, MA, Prof. Muhammad dan Dr. Ismail.

Wali Kota Bima Muhammad Lutfi melaporkan progres pengadaan tanah yang sudah sampai pada surat keputusan pengalihan tanah dari Menteri KLH, seterusnya ke Wali Kota. Diperkirakan pertengahan Desember 2022, sertifikat sudah selesai.

Dengan demikian satu tahap lagi urusan tanah untuk IAIN Bima akan terwujud. Terdapat sekitar 30 hektare tanah yang disiapkan untuk IAIN Bima.

“Semoga semua proses lainnya segera diselesaikan sehingga diharapkan IAIN Bima sudah dapat menerima mahasiswa baru pada awal tahun 2023. Doa dari semua pihak agar IAIN Bima aegera terwujud sangat diharapkan. Amiin,” harap Ahmad Thib Raya.

Kehadiran IAIN Bima akan menempatkan Kota dan Kabupaten Bima memiliki untuk pertama kalinya perguruan tinggi negeri sejak 50 tahun terakhir. Pada akhir tahun 1960-an, di Bima pernah berdiri Fakultas Syariah IAIN Sunan Ampel Cabang Surabaya, namun kemudian bubar dengan alasan yang tidak jelas dan kemungkinan ada kaitannya dengan masalah “politik”.

Baca juga :  DPD Partai PAN Makassar Terima Pengembalian Berkas Dari Parpol Gerindra H. Najmuddin Yang Diwakili Tim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel Tutup MPLS SMAN 2 Selayar

PEDOMANRAKYAT, SELAYAR - Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru SMA, SMK, dan SLB negeri di...

Pasar Semen Dalam Negeri Over Suplay

Laporan H.Manaf Rachman Produksi semen di dalam negeri hingga pertengahan 2024 mengalami kelebihan atau over suplay sebesar 60 persen dan...

Pendidikan dan Literasi Kemaritiman Materi PKM Nasional ADPERTISI 2024 di Nisombalia Maros

PEDOMAN  RAKYAT, MAROS. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan sehingga pendidikan dan literasi kemaritiman kepada warga harus diberikan setiap...

Penutupan KFBN 2024 Meriah di Kutai Kartanegara

Laporan : Rachim Kallo ACARA penutupan Kutai Festival Budaya Nusantara (KFBN) 2024 berlangsung meriah di depan Kantor Bupati Kutai...