spot_img

Ditemukan Granat Aktif, Polres Torut Amankan Proses Penjinakan Tim Jibom Den Gegana Sat Brimobda Sulsel

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA – Kepolisian Resor Toraja Utara (Polres Torut) melakukan pengamanan pelaksanaan disposal atas sebuah granat bercincin oleh Tim Jibom Den Gegana Sat Brimobda Sulsel, di Panga’, Kecamatan Tondon, Kabupaten Toraja Utara, Sabtu (22/10/2022) pagi.

Granat yang masih bercincin sebelumnya  ditemukan pertama kali oleh seorang warga FAT (52) di samping warung penjualan daging miliknya, tepatnya di Jln. Poros Rantepao-Palopo (Japal) Kelurahan Tagari Tallunglipu, Kecamatan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Jumat (21/10/2022) siang.

Saat menerima laporan tersebut, Piket SPKT dipimpin oleh Kasat Reskrim AKP Eli Kendek, SH bersama Kasat Intelkam AKP Petrus Sandale langsung bergerak menuju lokasi dan melakukan pengamanan TKP dengan memasang police line menunggu kehadiran Tim Jibom Den Gegana Sat Brimobda Sulsel untuk dilakukan penanganan.

Pagi harinya, sekitar pukul 06.30 Wita, personel Tim Jibom pun tiba di lokasi dan kemudian langsung mengamankan granat bercincin tersebut ke lokasi yang dinilai aman untuk kemudian dilakukan pemusnahan (disposal).

Saat dikonfirmasi, Kapolres Toraja Utara AKBP Eko Suroso, SIK membenarkan hal tersebut, setelah dilakukan pengecekan secara fisik oleh operator Tim Jibom, granat tersebut sudah sangat berkarat diketahui masih aktif dan merupakan jenis granat nanas.

“Granat tersebut merupakan granat fragmentasi yang apabila meledak atau terpicu akan menimbulkan pecahan fragmentasi hingga 50 meter, Biasanya digunakan pasukan dalam sebuah kepentingan perang,” terangnya.

Kapolres menjelaskan, dalam proses evakuasi granat tersebut dibungkus dengan bomb blanket dan diamankan pada lokasi yang dinilai sangat aman dengan SOP yang berlaku, untuk kemudian dilakukan disposal atau pemusnahan.

Baca juga :  Satreskrim Polrestabes Makassar Tetapkan 1 Orang Tersangka Tragedi Tarik Tambang IKA-UH

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...