spot_img

Polres Pinrang Launching Forum Restoratif Justice di Kecamatan Patampanua

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PINRANG – Polisi Resort (Polres) Pinrang bersinergi program dengan Pemkab Pinrang dan Komando Distrik Militer 1404/Pinrang melaunching Forum Keadilan Restoratif bertempat di halaman Kantor Camat Patampanua, Selasa (25/10/2022).

Selain Kapolres, tampak pula Bupati Pinrang dan Dandim 1404/Pinrang, serta juga hadir Wabup H Alimin, Sekda Andi Budaya, unsur Forkopimda lainnya, Kepala OPD, para Bhabinkamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Kecamatan Patampanua.

Kapolres Pinrang, AKBP M Roni Mustofa mengatakan, mengelola keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya tugas Kepolisian dan TNI, melainkan juga menjadi tugas seluruh masyarakat, termasuk elemen dari pemuka agama, tokoh masyarakat dan pemuda.

Menurut Roni, Forum Keadilan Restoratif ini dimaksudkan untuk mendekatkan pelayanan hukum kepada masyarakat yang bertujuan untuk meminimalisir dan menyelesaikan masalah-masalah hukum di tengah masyarakat melalui pendekatan kekeluargaan.

“Permasalahan hukum dapat diselesaikan di tempat yang bersengketa melalui Forum Keadilan Restoratif ini, dengan catatan perkara hukum tersebut masuk dalam kategori tindak pidana ringan,” jelas Roni.

Roni menjelaskan, Keadilan Restoratif dapat diterapkan dalam penyelesaian perkara tindak pidana ringan diluar tindak pidana korupsi, terorisme dan tindak pidana berat lainnya.

Hal yang sama juga disampaikan Dandim 1404/Pinrang, Letkol (Inf) Aris Barunawan. Aris menjelaskan, menciptakan ketertiban dan keamanan pada dasarnya juga merupakan salah satu tugas personel TNI.

TNI, kata Aris, dimana pun bertugas akan selalu menjaga kedaulatan bangsa dan negara serta meminimalisir berbagai bentuk ancaman, baik dari luar maupun dalam negeri.

Baca juga :  Bungkam Argentina 3-0, Mali Juara III Piala Dunia U-17

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Momen HBA Ke-64 dan HUT IAD Ke-24, Kejati Sulsel Berbagi Tali Asih Bersama Anak Yatim

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024 dan HUT ke-24 Ikatan Adhyaksa...

Sambut HBA Ke-64, Kejati Sulsel Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kajati Sulsel Agus Salim membuka secara resmi kegiatan Donor Darah yang merupakan rangkaian Kegiatan Bakti...

Pengunjung dan Pasien Rawat Jalan RSUD Sinjai Diajari Etika Batuk

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pengunjung Rumah Sakit dan Pasien yang berada di Ruang Tunggu Poli Rawat Jalan Rumah Sakit...

BSI Imbau Nasabah Selalu Waspadai Modus Penipuan

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengimbau kepada nasabah agar tetap waspada terhadap berbagai modus...