spot_img

Resmi Dibuka, 24 Peserta Ikut Uji Kompetensi Wartawan PWI Sulsel Angkatan Ke-26 

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Provinsi Sulsel angkatan ke-26 Tahun 2022 resmi dibuka. Diikuti sebanyak 24 peserta yang datang dari berbagai daerah.

Perwakilan Dewan Pers, Ainur Rohim menyampaikan, UKW merupakan batu loncatan untuk para wartawan agar bisa bersaing dengan kekuatan media sosial yang sekarang ini berdiri berhadap-hadapan dengan media massa. Persaingannya bisa dikatakan cukup keras.

“Kita sekarang memasuki era distrupser. Ada yang mengatakan antara media massa dengan media sosial itu berdiri di kutub yang saling berhadap-hadapan sehingga yang muncul itu adalah kontestasi,” ujar Ainur dalam pembukaan UKW PWI Sulsel Angkatan Ke-26 Tahun 2022 di Hotel Grand Town, Makassar, Senin 24 Oktober 2022.

Lanjut Air, sapaan akrab Ainur Rohim, meski bersaing, tapi ada juga yang mengatakan bahwa media massa sejatinya bisa berkolaborasi ataupun bersinergi dengan media sosial. Terpenting adalah bagaimana penyajian informasi menjadi sebuah berita harus diperhatikan.

“Di dunia media massa ada syarat penting yang harus dipenuhi, harus sudah terverifikasi dan terkonfirmasi sehingga ketika berita itu mengandung konflik, syaratnya tetap terpenuhi,” jelasnya.

Lebih jauh Air berpandangan, sekarang ini masyarakat secara umum sebenarnya bisa menjadi wartawan, apalagi di media sosial. Hanya media informasi yang disajikan melalui media sosial jelas tidak terverifikasi dan terkonfirmasi.

Melalui UKW, kata Air, wartawan media massa akan diajari bagaimana memberikan informasi sehat kepada masyarakat, tidak seperti di media sosial.

“Itu yang penting. Harus jelas perbedaan kita wartawan media massa dengan mereka di media sosial,” tutupnya.

Baca juga :  Dr. Muhammad Shuhufi, M.Ag : Pasangan Ibrahim-Siti Hajar A.S Lahirkan Seorang Generasi Teladan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...