spot_img

Tim Dosen PKM UMI Aplikasikan Alat Pencacah Rumput Gajah Di Desa Borisallo Gowa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, GOWA — Melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI), Tim Dosen UMI telah melaksanakan kegiatan pengabdian di daerah binaan UMI yakni di Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tim ini melakukan kegiatan pembuatan dan implementasi alat pencacah rumput gajah untuk pakan ternak, beberapa waktu silam.

Tim dosen yang diketuai, Ir. Abdullah Basalamah, ST, MT, dari Prodi Teknik Elektro UMI, dengan anggota Ir. Ahmad Amri, MT, dari Prodi Teknik Mesin UMI, dan Ir. Anas Masa, MT, dari Prodi Teknik Elektro UMI, selain membuat alat, juga melakukan berbagai kegiatan penyuluhan, termasuk cara pengaplikasian alat kepada mitra Kelompok Tani Dampang Ujungloe.

Abdullah Basalamah menjelaskan, potensi rumput gajah di Desa Borisallo cukup berlimpah. Sayangnya para petani dalam mengolahnya untuk pakan ternak, masih menggunakan cara konvensional.

“Masyarakat selama ini masih melakukan cara-cara tradisional dalam memberi pakan ternak tanpa menggunakan teknologi apapun,” jelasnya.

Sesuai kondisi ini, katanya, Tim Dosen PKM UMI membuat teknologi tepat guna untuk dimanfaatkan di bidang pertanian dan peternakan, berupa alat pencacah rumput, yang hasilnya bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

“Hasil pengolahan pakan ternak menggunakan alat ini, hasilnya jauh lebih cepat dan bagus dibanding dengan cara konvensional,” jelasnya.

“Bahkan, selama perakitan alat pencacah rumput ini, masyarakat sangat antusias dan ikut membantu hingga alat tersebut bisa beroperasi dengan baik. Otomatis, kegiatan ini menjadi ajang pelatihan bagi mitra, sehingga nantinya mereka dapat membuat sendiri alat ini,” imbuhnya.

Baca juga :  Pemkab Sinjai Imbau Pengelola Tempat Wisata Terapkan Penggunaan Aplikasi 'PeduliLindungi'

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Mahasiswa Ilmu Kelautan Unhas Gelar Kegiatan KCC 2024, Pendaftaran Peserta Mulai Dibuka

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Keluarga Mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan (KEMAJIK) Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin (Unhas)...

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

146 Napi di Sinjai Terima Remisi, Pj. Bupati Sampaikan Pesan Motivasi

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah menyerahkan secara simbolis Surat Keputusan (SK) remisi kepada warga...

Pj Bupati Enrekang dan Masyarakat Sambut Idul Fitri Dengan Penuh Hikmah

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, bersama Pj Ketua TP-PKK Hj. Siti Rabiah Baba, melaksanakan...