spot_img

Tingkatkan Nilai Ekonomis, Tim PKM UMI Terapkan Alat Pemipil Jangung di Desa Borisallo Gowa

Bagikan:

Tanggal:

GOWA.

Tim dosen Universitas Muslim Indonesia (UMI), melalui Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melakukan penerapan alat pemipil jagung guna meningkatkan nilai ekonomis pada Kelompok Tani ‘Dampang Ujungloe’, belum lama ini.

Selain pembuatan alat tersebut, tim dosen UMI yang diketuai, Ir. Andi Syarifuddi, ST, MT, dari Prodi Teknik Elektro UMI, dengan anggotanya Ir. Muh. Zainal Altim, ST, MT, dari Prodi Teknik Elektro UMI, dan Drs. Muh. Syahrir, MSc, dari Prodi Teknik Mesin UMI, juga melaksanakan kegiatan pelatihan pengaplikasian alat pemipil jagung ini.

Andi Syarifuddi, mengungkapkan, permasalahan masyarakat di Desa Borisallo, khususnya pada hasil panen jagung yang dikeringkan untuk dijadikan pakan ternak, masih dilakukan secara konvensional secara turun temurun, tanpa adanya penerapan teknologi tepat guna.

“Sesuai tinjauan sebelumnya, saat memipil jagung, masyarakat terbiasa menggunakan tangan atau peralatan sederhana. Mereka menganggap cara ini lebih praktis dan tidak membutuhkan biaya tambahan,” terangnya.

Maka, kata Andi Syarifuddi, berdasarkan kondisi ini, Tim Dosen PKM UMI membuat teknologi tepat guna untuk dimanfaatkan di bidang pertanian dan peternakan, berupa alat pemipil jagung, yang hasilnya bisa bernilai ekonomis tinggi bagi masyarakat.

Pada kegiatan tersebut, yang disaksikan Kepala Desa Borisallo, Sofyan, para staf Kantor Desa Borisallo, Ketua Kelompok Tani, Muh Yusuf, beserta anggotanya, tim dosen UMI memberi pelatihan kepada mitra tentang pengenalan alat dan bahan untuk membuat alat pemipil jagung. Kemudian, memberi motivasi untuk mengembangkan mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan bahan bakar gas (LPG) dalam pengoperasian alat, serta memberikan penyuluhan tentang kewirausahaan dari hasil pemipilan jagung.

Baca juga :  Sosok Rektor Prof. Agus Salim, Karateka Dan V Inkado Yang Punya Jejaring Luas dan Juru DamaiĀ 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Dilalap Sijago Merah Toko Aksesoris Mobil di Luwu Utara

PEDOMANRAKYAT, SULSEL - Kebakaran melanda sebuah toko aksesoris mobil di Jalan Trans Sulawesi Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, Kabupaten...

Prof Bahaking Rama : Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Unismuh Makassar Cetak 15 Doktor

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. Sejak mulai beroperasi 2017 Prodi S3 Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Unismuh Makassar telah mencetak 15...

Sembilan Jaya Serahkan Batuan Ke Posko Bencana Longsor Palangka

PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Toko Sembilan Jaya Makale, Kamis (18/4) serahkan bantuan pangan di posko bencana Palangka, Makale. Bantuan Sembilan Jaya...