spot_img

BRIN, ITB Nobel dan Politeknik Jakarta Riset Bersama di Bali

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, BALI – Para Periset Tourism Sustainable yang tergabung dalam Tim Riset Kolaborasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia Makassar dan Politeknik Sahid Jakarta telah melakukan penelitian di Propinsi Bali dari tanggal 28 Nopember hingga 3 Desember 2022 mendatang.

Riset ini dipimpin oleh Marhanani Astuti dari BRIN PREIP Pusat dengan memiliki anggota tim sebanyak lima (5) orang. Mereka adalah Syahruddin Yasen dari ITB Nobel Makassar Sulsel, Muh Dachlan, Tri Margono dan Indra A.S.L.P Putri dari BRIN dan Diyan Putranto dari Politeknik Sahid Jakarta.

Marhanani Astuti selaku Ketua Tim menjelaskan, Tim ini sedianya sudah harus terjun ke lokasi pada awal Nopember tahun 2022 ini. Akan tetapi sedikit mengalami penundaan lantaran menunggu turunnya kebijakan pendanaan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Jakarta.

“Sesuai time schedul yang dirancang, kami mesti menunggu keputusan pasti dari BRIN sejak 12 Nopember akan tetapi baru dapat direalisasikan pada 28 Nopember kemarin,” ujar Marhanani.

Marhanani menyebut tujuan dari penelitian ini. Salah satunya adalah untuk menjawab tantangan global sekaitan dengan tuntutan green economy khususnya dalam konteks Tourism Sustainable. Penelitian ini kata Nani panggilan akrab bagi teman sebaya Marhanani Astuti, akan berlangsung selama tiga (3) tahun secara berturut-turut (multi year) yang berawal dari Kabupaten Badung di Propinsi Bali.

“Kemudian tahun 2023 di Kabupaten Manggarai Barat di Flores Nusa Tenggara Timur (NTT) dan tahun 2024 di Mandalika Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB),” paparnya kepada media ini siang tadi, Selasa 29 Nopember 2022 sekitar pukul 12.45 Wita.

Baca juga :  Wakili Pangdam, Kasdam XIV/Hsn Pimpin Peringatan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Makodam

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pangdam XIV/Hsn Selaku Pangkogasgabpad Lakukan PAM VVIP Kunker Presiden RI di Wilayah Sulbar

PEDOMANRAKYAT, SULBAR - Pangdam XIV/Hasanuddin (Hsn) Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.IP melakukan Pengamanan (PAM) VVIP dalam rangkaian...

Diusianya yang Ke-40, Sekolah Islam Athirah Kembangkan Konsep Education 5.0

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sekolah Islam Athirah genap berusia 40 tahun pada hari ini sejak dilaunching 24 April 1984...

Ribuan ASN Pinrang Hadiri Pelepasan Masa Jabatan Bupati – Wakil Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Di tengah derasnya guyuran hujan, acara pelepasan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode...

Nelayan Sinjai Diminta Tetap Waspada, Meski Tinggi Gelombang Normal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Meski cuaca diwilayah daratan Kabupaten Sinjai mengalami perubahan yang ekstrem dengan curah hujan yang cukup...