spot_img

KPU Pinrang Uji Publik 3 Rancangan Dapil, Parpol Bertahan Gunakan Dapil Lama

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PINRANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pinrang menggelar kegiatan Uji Publik terkait Rancangan Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten Pinrang pada Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang, yang digelar di Hotel MS Pinrang, (15/12/2022).

Menurut Ketua KPU Pinrang, Alamsyah, uji publik yang dilaksanakan ini tujuannya untuk mendapatkan saran dan masukan melalui diskusi bersama dari berbagai unsur masyarakat terkait rancangan Dapil tersebut, baik Partai Politik, akademisi, LSM, Pers maupun perseorangan.

“Dari hasil diskusi dan masukan tersebut, akan kami tampung dan disampaikan ke KPU RI,” kata Alamsyah.

Alamsyah mengatakan, sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2022, dalam tahapan penataan dapil, KPU kabupaten/kota wajib membuat maksimal tiga rancangan daerah pemilihan. Rancangan tersebut lalu diumumkan kepada publik untuk meminta tanggapan masyarakat, kemudian dilakukan uji publik, selanjutnya diserahkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi.

Untuk Pinrang sendiri, terdapat tiga rancangan dapil yang diuji publik. Rancangan pertama terdiri atas 6 Dapil, merupakan Dapil yang sama seperti pada Pemilu 2019 lalu .

Rancangan kedua terdiri atas 4 Dapil dan Rancangan Ketiga terdiri atas 7 Dapil, sebagaimana disampaikan KPU Pinrang sebagai pembanding.

Ketua Divisi Teknis KPU Pinrang, Yudiman mengatakan,semua usulan dan saran yang ada dari hasil uji publik ini akan disampaikan Ke KPU RI.

Menurut Yudiman, berdasarakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2022 dalam Penataan Dapil, ada tujuh prinsip yang harus menjadi pertimbangan penataan Dapil ini, antara lain kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integral wilayah, berada dalam cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan.

Baca juga :  Pemkab Kepulauan Selayar Gelar Rapat KSO Dengan BPJS Ketenagakerjaan Optimalisasi Jamsostek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Dua Terdakwa Kasus Kematian Virendy Ajukan Pembelaan, PH : Kegiatan Diksar Legal Karena Ada Izin Universitas

PEDOMANRAKYAT, MAROS - Muhammad Ibrahim Fauzi dan Farhan Tahir, dua terdakwa dalam kasus kematian Virendy Marjefy Wehantouw (19)...

Bubuhkan Tandatangan, TK Negeri X Sinjai Utara Deklarasikan Anti Bullying dan Kekerasan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Di tengah puncak acara Peringatan Hari Anak Nasional ke 40 Tahun yang berlangsung di Halaman...

Gubernur Sulsel Buka Festival Budaya, Budaya Toraja Punya Dayatarik Luar Biasa

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam peringatan HUT Kab.Toraja Utara ke-16 Pemerintah Daerah Menggelar Festival Seni dan Budaya 2024 yang...

Bersama Isteri, Pj. Bupati T.R. Fahsul Falah Hadiri Kemeriahan Peringatan Hari Anak Nasional di Sinjai

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional Ke 40 Tahun 2024, Dinas Pemberdayaan Peremouan, Perlindungan Anak,...