spot_img
spot_img
spot_img

Makassar Tuan Rumah Kegiatan Multilateral Naval Exercise (MNE) Komando Ke-4 Tahun 2023

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menerima kunjungan dari Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Laksma TNI Deny Prasetyo di kediaman pribadinya, Kamis (05/01/2023).

Kunjungannya ini terkait penunjukan Kota Makassar sebagai tuan rumah dalam agenda Multilateral Naval Exercise (MNE) Komodo ke-4 Tahun 2023 yang rencananya akan digelar pada bulan Juni 2023 mendatang.

Latihan bersama multilateral ini akan mengundang ratusan peserta Angkatan Laut dari negara-negara sahabat dengan materi latihan nonwar-fighting.

Kegiatan MNE Komodo ke-4 Tahun 2023 adalah implementasi dari tugas pokok TNI Angkatan Laut dalam bidang diplomasi dan militer yaitu dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) bersama dengan Angkatan Laut negara sahabat dalam aksi penanggulangan bencana alam dan bantuan kemanusiaan, serta ancaman bersama aspek maritim.

Tak hanya itu, latihan bersama ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dan menyiapkan kerangka kerja sama dalam menghadapi situasi krisis dalam bidang keamanan maritim dan HA/DR TNI AL.

“Pertama kita di Batam, lalu Padang dan Riau. Tahun ini kita memilih Selat Makassar karena memiliki perairan yang luas dan cukup bagus untuk dijadikan simulasi latihan,” ucapnya.

Kegiatan ini juga melibatkan kementerian terkait, pemerintah daerah, dan komunitas maritim.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto menyambut baik undangan dan penunjukan Kota Makassar sebagai tuan rumah.

“Kita siap menyambut tamu negara dan menjadi tempat sebagai pelatihan persahabatan antar negara. Bapak butuh apa kami siapkan. Anak SD-SMP kami ajak nonton biar dia jadi terinspirasi kedepannya,” ungkapnya.

Baca juga :  Tinjau Pelabuhan Tanjung Perak, Kapolri : Transportasi Laut Alternatif Kurangi Kemacetan Arus Mudik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Di Sela-sela Anjangsana, Istri Pj. Bupati Sinjai Mampir Beli Kue Bolu di Pinggir Jalan

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Ketua TP. PKK Sinjai Cut Resmiati melakukan anjangsana kebeberapa kediaman warga miskin, lansia dan...

Caleg PKB Andi Imario Paruwusi Lolos Anggota DPRD Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Berhasil mencuri perhatian banyak pihak, calon legislatif pendatang baru yakni Andi Imario dari Partai Kebangkitan...

JPU Kejati Sulsel Menerima Penyerahan Tersangka Korupsi Bendungan Passeloreng

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan telah menerima penyerahan 6 (enam) orang tersangka...

Optimalisasi Pengumpulan ZIS: Kemenag dan Baznas Enrekang, Dorong Kerjasama Yang Efektif

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Enrekang menyelenggarakan kegiatan...