spot_img
spot_img
spot_img

Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Pinrang Sosialisasikan Penanggulangan Penyakit Jembrana

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PINRANG – Setelah meredanya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Pinrang, peternak sapi di Kabupaten Pinrang kembali diminta mewaspadai varian penyakit baru yang menjangkiti hewan ternak sapi.

Hal ini diutarakan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan drh. Elvi Martina di sela-sela kegiatan sosialisasi penyakit Jembrana di Kelurahan Kassa, Senin (16/01/2023).

Elvi mengungkapkan, varian yang dinamai penyakit Jembrana ini menjangkiti hewan ternak sapi khususnya pada ternak sapi jenis sapi Bali.

Penyakiti ini, lanjutnya, tidak menjangkiti ternak sapi jenis eksotik seperti limousin dan simental, namun tetap harus diwaspadai oleh para peternak karena jenis sapi Bali merupakan ternak populer bagi sebahagian peternak sapi di Pinrang.

Oleh karenanya, Elvi mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas yang dipimpinnya, akan melakukan vaksinasi massal di 5 kecamatan tertular dan pengobatan bagi ternak yang sakit pada 17–23 Januari 2023 untuk memberikan kekebalan dan membentengi ternak dari penyakit Jembrana ini.

Upaya ini tentunya membutuhkan respon yg positif dari peternak untuk menjaga kesehatan ternaknya guna meningkatkan produktivitas.

Para peternak juga diharapkan memperhatikan control vector pembawa penyakit ini yaitu lalat penghisap darah, hal ini, lanjutnya dapat dihindari dengan penyemprotan insektisida disekitar kandang selain upaya vaksinasi terhadap hewan ternak sapi.

Elvi berharap, kesadaran para peternak akan bahaya penyakit menular pada hewan ternak, dapat meningkat, hal ini sebagai upaya untuk menghindari merebaknya penyakit menular ini secara masiv. (*/nh)

Baca juga :  Diserang Menggunakan Sabit, Warga Dusun Mattoangin Tewas Bersimbah Darah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Presiden RI Lakukan Kunker di Sulsel, Andi Rian Tinjau Langsung Sistem Pengamanan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Presiden Republik Indonesia Ir Joko widodo melaksanakan Kunjungan Kerja di Wilayah Sulawesi Selatan. Kamis (22/02/2024). Dalam...

Dua Putra Asal Kecamatan Cendana Dipastikan Kembali Duduki Kursi Parlemen di DPRD Kabupaten Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam konteks pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024, di tingkat DPRD Kabupaten Enrekang, Daerah Pemilihan...

Pj Bupati Enrekang Turut Dampingi Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Penjabat Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE, MM, turut mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo...

Kunker Presiden Jokowi, Kapolres AKBP Yudi Frianto Pimpin Langsung PAM VVIP di Peresmian Makassar New Port (MNP)

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pelabuhan Makassar, AKBP Yudi Frianto memimpin pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden...