spot_img
spot_img
spot_img

PWI Sulsel Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Bagikan:

Tanggal:

Laporan : Manaf Rachman

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Pengurus PWI Provinsi Sulsel kembali menggelar pelatihan jurnalistik dasar dan lanjutan yang pesertanya berasal dari berbagai kabupaten di Sulsel. Selain pelatihan jurnalistik, panitia HPN Sulsel juga akan menggelar pelatihan kehumasan dan workshop jurnalis bagi Aparatur Sipil Negara, TNI/Polri, yang merupakan rangkaian kegiatan menyambut peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari  2023 di Provinsi Sulsel.

Pembukaan pelatihan jurnalistik dasar dilakukan oleh Wakil Ketua bidang Pendidikan PWI Sulsel, H. Suwardi Thahir, yang berlangsung di Hotel Whiz Prime Makassar, Senin (23/01/2023) Kota Makassar, yang juga dihadiri para wakil ketua PWI Sulsel.

Suwardi dalam sambutannya  mengatakan, sebagai seorang jurnalis memang harus memahami aturan Undang-undang Nomor 40 tentang Pers dan kode etik jurnalistik serta kode perilaku wartawan, yang merupakan acuan yang harus dipahami dalam menjalankan kerja-kerja wartawan.

Pelatihan jurnalistik dasar dan lanjutan menampilkan dua pemateri yakni anggota Dewan Kehormatan PWI Provinsi, H. Faisal Syam dan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Fajar, Amrul Basri.

Kedua narasumber menyampaikan sejumlah materi antara lain, metode pembuatan berita, pemahaman kode etik jurnalistik. Kode perilaku wartawan, Undang-undang Pers, pedoman penulisan ramah anak dan manajemen perusahaan pers.

Pelatihan ditutup oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sulsel, H. Abdul Manaf Rachman.
Manaf Rachman sebelum menutup pelatihan menyampaikan kepada seluruh peserta pelatihan untuk terus belajar dan meningkatkan pengetahuan kewartawanannya, sehingga dalam menjalankan tugas bisa profesional.

Dikatakan, para peserta pelatihan merupakan calon anggota wartawan muda PWI, yang diharapkan untuk banyak  membaca dan mendalami aturan perundang-undangan terkait dengan profesi wartawan, seperti yang diatur dalam undang-undang nomor 40 tentang pers, kode etik jurnalistik dan kode perilaku wartawan, sehingga dalam menjalankan tugas profesinya sebagai jurnalis senantiasa berada pada koridor aturan kode etik jurnalistik, yang bisa menghasilkan berita yang berimbang, objektif dan tidak melanggar kode etik.

Baca juga :  Hari ke-7 Wafatnya Andi Rudiyanto Asapa, Keluarga Gelar Tahlilan dan Doa Bersama di 3 Titik

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Presiden RI Lakukan Kunker di Sulsel, Andi Rian Tinjau Langsung Sistem Pengamanan

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Presiden Republik Indonesia Ir Joko widodo melaksanakan Kunjungan Kerja di Wilayah Sulawesi Selatan. Kamis (22/02/2024). Dalam...

Dua Putra Asal Kecamatan Cendana Dipastikan Kembali Duduki Kursi Parlemen di DPRD Kabupaten Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam konteks pemilihan legislatif pada 14 Februari 2024, di tingkat DPRD Kabupaten Enrekang, Daerah Pemilihan...

Pj Bupati Enrekang Turut Dampingi Presiden Jokowi Kunjungan Kerja di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Penjabat Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE, MM, turut mendampingi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo...

Habiskan Anggaran 1,2 Triliun, Jokowi Paparkan Manfaat IPAL Losari

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Jalan Metro Tanjung...