spot_img

Moeldoko Tantang Mahasiswa UKIP Makassar Jadi Leader Bukan Followers

Bagikan:

Tanggal:

 

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR. Kepala Staf Kepresidenan RI Jenderal TNI (Purn) Dr Dr (HC) Moeldoko SIP M.Si, menantang para mahasiswa UKIP Makassar untuk senantiasa menjadi leader (pemimpin) dan bukan followers (pengikut). Para mahasiswa dan pemuda memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin.

Menjadi seorang pemimpin harus memiliki keberanian untuk mengambil keputusan dan punya keinginan dan mimpi untuk menjadi seorang pemimpin. Semua orang memiliki kesempatan yang berbeda menjadi pemimpin.

Demikian diungkapkan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, saat tampil jadi nara sumber pada Seminar Kepemimpinan Nasional, Kamis 26 Januari 2023 di kampus UKIP Makassar.

Pokok pikiran yang dibawakan pada seminar nasional berjudul, Peran Kepemimpinan Dalam Mempersiapkan Indonesia Maju di Tahun 2045.

Pada seminar nasional ini tampil dua nara sumber lainnya yakni, Walikota Makassar Danny Pomanto dan Rektor UKIP Makassar, Dr Agus Salim, SH, MH dengan moderator seminar Siska Hutagalung.

Para mahasiswa, tegas Moeldoko, merupakan generasi milenial pada tahun 2045 akan memimpin negara. Sebagai calon pemimpin harus paham tantangan masa depan seperti apa. Kalau tidak paham tantangan itu maka akan kesulitan mengelola negara yang begini luas dan besar.

Tantangan dunia saat ini dan akan datang diperhadapkan pada krisi energi, krisis pangan serta krisis keuangan global. Tantangan tersebut memperhadapkan dunia pada ketidakpastian dan kompleksitas global yang berimplikasi di lingkup nasional.

Moeldoko juga tegaskan kalau para mahasiswa dan pemuda bukan jadi pewaris masa depan bangsa dan negara tetapi jadi penentu masa depan Indonesia. Masa depan Indonesia bukan di pundak para mahasiswa dan pemuda akan tetapi berada di tangan mereka itu.

Baca juga :  Saat Kunker di Sulsel, Rektor UT Prof. Ojat Darojat Jadikan Momen Bersilaturahmi ke Kantor Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kembangkan Modul Ajar Projek Kreatif dan Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal Songkok Recca, Haswah Raih Doktor di UNM

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR --Salah satu jenis pendidikan di Indonesia adalah kejuaraan atau SMK, yang memiliki peran penting dalam pengembangan...

Kembangkan Laboratorium Virtual, Muhammad Nadzirin Anshari Nur Berhasil Raih Doktor Dengan Nilai Cum Laude di UNM

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Dosen Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara, Ir. Muhammad Nadzirin Anshari Nur, S.Kom., MT, berhasil...

ADPERTISI Gercap Respon Tantangan Pj Bupati Jeneponto

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. -Pengurus pusat Aliansi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) melakukan gerakan cepat (gercap) merespon tantangan...

Direktur UT Makassar Prof A Rahman Tandatangani Kontrak Penelitian Internasional Halal Tourism

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR. -Anggaran penelitian internal UT 2024 mencapai Rp 30 Milyar. Kontrak penelitian UT dengan dosen UT...