spot_img

Mantan Pangdam XIV/HN Letjen (Purn.) Agus Surya Bakti Raih Doktor di Unhas

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMAN RAKYAT, MAKASSAR.-. Mantan Panglima Kodam (Pangdam) XIV Hasanuddin Letjen (Purn.) Agus Surya Bakti, Jumat (27/1/2023) berhasil meraih gelar Doktor dalam Bidang Ilmu Komunikasi di Universitas Hasanuddin.

Pada ujian promosi doktor purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) tiga bintang yang lahir di Kabupaten Langkat Sumatera Utara 17 Agustus 1961 tersebut berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Celah Struktur dalam Jaringan Komunikasi ISIS di Indonesia”.

Suami penyanyi Bella Saphira Veronica Simanjuntak itu dinyatakan lulus dengan predikat “sangat memuaskan”. Bertindak sebagai promotor Prof.Dr.A>Hafid Cangara, M.Sc. dan co=Promotor :Prof.Dr.Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. dan Dr. Eryanto dari Universitas Indonesia.

Letjen (Purn.) Dr. Agus Surya Bakti, M.Si. beberapa tahun lalu ketika masih menjabat Pangdam XIV Hasanuddin berhasil menuntaskan Program Magister di Unhas. Karya tesisnya itu kemudian diterbitkan menjadi buku oleh PT Gramedia Jakarta.

Dalam disertasinya yang membahas perbedaan pola teroris saat beraksi di setiap kota khususnya di Poso, Jakarta dan Surabaya, Jenderal Agus mengungkapkan mulai dari pola komunikasi, jaringan serta pesan-pesan yang disampaikan antarteroris hingga pola rekrutmen anggota baru. Tidak hanya itu, ia juga menyebutkan banyak faktor penyebab ISIS melakukan pengeboman. Salah satu di antaranya penjabaran yang salah tentang jihad dan soal radikalisme merupakan bagian terakhir dari pemikiran pelaku terorisme.

Diesertasi Agus Surya Bati ini akan memberikan banyak manfaat, di antareanya dapat menjadi informasi umum terkait masalah terorisme yang telah banyak memakan korban di Indonesia.

“Selamat atas promosi Doktor yang jenderal raih. Tak gampang sampai di titik ini, apalagi judul disertasinya sangat spesifik tentang celah-celah yang bisa digunakan teroris,” ucap Wali Kota Makassar, Mohammad Ramadhan “Danny” Pomanto, salah seorang pejabat yang menyaksikan ujian promosi yang menghadirtkan penguji eksternal Menteri Dalam Negeri Prof. Dr. H. Muhammad Tito Karnavian.

Baca juga :  Tinjau Kalikangkung, Kapolri Imbau Pemudik Tak Paksakan Berkendara dalam Kondisi Lelah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pj. Bupati Sinjai Resmi Tutup Perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Penjabat Bupati Sinjai, T.R. Fahsul Falah resmi menutup perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- XLIII...

Menuju Indonesia Maju, Polres Toraja Utara Gelar Latpra Ops Keselamatan Pallawa 2024

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Polres Toraja Utara Polda Sulsel menggelar Latihan Pra Operasi (Latpra Ops) Keselamatan Pallawa 2024 di...

Perjalanan Tri-Lintas (5) : Mengenal Gerakan Taliban

Oleh : Musdah Mulia Gerakan Taliban adalah gerakan nasionalis Islam Sunni pendukung etnis Pashtun yang secara efektif menguasai hampir...

Perjalanan Tri-Lintas (4) : Penguatan Hak Kesehatan Reproduksi

Oleh : Musdah Mulia Kehadiran saya di Kabul untuk memenuhi undangan panitia pelatihan tentang Hak dan Kesehatan Reproduksi yang...