spot_img

Cap Go Meh Sebagai Puncak Perayaan Imlek, Ervan Sutono : Asimilasi Budaya Bugis Makassar

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Cap Go Meh merupakan akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan tiap tanggal 15 purnama pada bulan pertama penanggalan Tionghoa atau 2 minggu setelah tahun baru Imlek.

Perayaannya diawali dengan berdoa di Klenteng, kemudian dilanjutkan dengan iringan kenong/simbal dan pertunjukan barongsai serta liong lalu pertunjukan tradisional Tionghoa.

Sehubungan dengan hal tersebut, Ketua Generasi Muda Indonesia Tionghoa Ervan Sutono mengungkapkan, sebagai mana kita ketahui Cap Go artinya 15, sedangkan Meh artinya malam. Jadi Cap Go Meh itu bermakna malam ke-15.

“Cap Go Meh itu adalah puncak dari perayaan Imlek, yang jatuh pada malam hari ini,” beber Ervan di Vihara Ibu Agung Bahari Jl Sulawesi, Kota Makassar, Minggu (05/02/2023).

Lanjut Ervan, dimana bagi umat-umat Konghucu, Tri Dharma, dan Buddha melakukan ibadah sebagai rangkaian penutup dari sembahyang tahun baru Imlek selama 15 hari yang berujung pada sujud syukur karena kita akan masuk ke tahun yang baru, dengan harapan perjuangan dan peluang baru.

“Semangat Cap Go Meh ini merupakan asimilasi budaya, dimana tadi telah kita lihat ada dari adat Bugis Makassar, Barongsai dari etnis Tionghoa, Reog, gandrang bulo dan sebagainya, berarti Makassar ini merupakan rumah bersama kita,” ungkapnya.

Ditambahkan Ervan, maksudnya semua suku, adat, agama dan budaya yang ada di Kota Makassar ini semuanya bisa hidup berdampingan dengan damai.

Cap Go Meh itu bagi orang Tri Dharma adalah merupakan ibadah persembahyangan di Klenteng, namun terlepas dari itu semua ada juga nilai tradisi dan budaya yang harus berasimilasi dengan seluruh warga kota Makassar.

Baca juga :  Poros Camba Bakal Buka-Tutup, Abidin Said : Sebaiknya Hanya Mobil Truk Saja

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

MPC Community dengan Dinas Perikanan dan Pertanian Makassar Kerjasama Vaksinasi Rabies dan Perawatan Kucing Anabul

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Pencinta kucing di Makassar bersatu dalam suatu wadah diberi nama Makassar Pawrent Community (MPC), bekerja...

Ribuan ASN Pinrang Hadiri Pelepasan Masa Jabatan Bupati – Wakil Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Di tengah derasnya guyuran hujan, acara pelepasan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode...

Nelayan Sinjai Diminta Tetap Waspada, Meski Tinggi Gelombang Normal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Meski cuaca diwilayah daratan Kabupaten Sinjai mengalami perubahan yang ekstrem dengan curah hujan yang cukup...

Kapolres Enrekang Ungkap Operasi Narkoba, 3 Pohon Ganja Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG - Kepala kepolisian resor (Kapolres) Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH, S.IK, MM mendatangi TKP ditemukannya...