spot_img

Kepala KPPN Sinjai Presentasikan Kinerja Pelaksanaan APBN Semester II Tahun 2022

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sinjai pada hari Selasa, tanggal 07 Februari 2023 melaksanakan kegiatan evaluasi pelaksanaan IKPA dan Press Conference Kinerja APBN Semester II Tahun 2022 yang bertempat di Aula KPPN Sinjai.

Kegiatan ini dihadiri peserta dari para KPA satuan kerja lingkup KPPN Sinjai, pejabat Pemda, BPKAD, Dinas PMD selaku mitra dalam pengelolaan DKADD, media serta para pelaku UMKM binaan KPPN Sinjai. Turut pula dari KPP Blukumba yang diwakili oleh Hendrawan Agus selaku kepala KP2KP Sinjai.

Arif Kurniadi Kepala KPPN Sinjai dalam materinya terkait evaluasi kinerja pelaksanaan anggaran menyampaikan, salah satu tugas dan fungsi KPPN melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran belanja kementerian negara dan lembaga sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 195/PMK.05/2018.

Tujuannya, selain meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran juga menggali permasalahan dan memberian pembinaan serta solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh setiap satker.

Lebih lanjut Arif Kurniadi memaparkan kinerja APBN Tahun 2022. Dari sisi pendapatan negara mengalami kenaikan sebesar 22,89% (YoY) jika dibandingkan dengan periode tahun lalu. Kenaikan ini diperoleh dari penerimaan perpajakan sebesar Rp 69,63 miliar.

Sementara dari sisi belanja negara, sedikit mengalami penurunan sebesar 11,82% (YoY). Penurunan realisasi belanja negara berasal dari belanja pemerintah pusat yang mengalami penurunan sebesar 10,43% (YoY) dan penurunan realisasi dana transfer (TKDD) sebesar 12,76% (YoY).

Dengan kondisi seperti diharapkan kedepannya perlu terus didorong kemandirian Pemda dalam menggunakan TKDD secara maksimal dan optimal yang akhirnya nanti dapat mengembangkan perekonomian di Kabupaten Sinjai.

Baca juga :  Audiensi ke Pemkab Sinjai, Telkom Indonesia Tawarkan Kerjasama Digitalisasi di Semua Sektor

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Ribuan ASN Pinrang Hadiri Pelepasan Masa Jabatan Bupati – Wakil Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Di tengah derasnya guyuran hujan, acara pelepasan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode...

Diskusi Bareng Politisi Palopo Haidir Basir, HSA: KKLR Organisasi Sampulolo, Targetnya Provinsi Luwu Raya

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Organisasi Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) kini mendapat perhatian khusus dari para bakal calon kepala...

Nelayan Sinjai Diminta Tetap Waspada, Meski Tinggi Gelombang Normal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Meski cuaca diwilayah daratan Kabupaten Sinjai mengalami perubahan yang ekstrem dengan curah hujan yang cukup...

Kapolres Enrekang Ungkap Operasi Narkoba, 3 Pohon Ganja Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG - Kepala kepolisian resor (Kapolres) Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH, S.IK, MM mendatangi TKP ditemukannya...