spot_img

Menkominfo : Media Harus Tanggap Keinginan Pembaca

Bagikan:

Tanggal:

Laporan H. Manaf Rachman

PEDOMANRAKYAT, MEDAN — Industri pers bisa berhasil dalam menghadapi tantangan distrupsi digital, harus mampu bergerak cepat dalam mengekspektasi konten yang diinginkan oleh pembaca atau audiens.

Demikian dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia Johnny G Plate dalam sambutannya pada acara pembukaan Konvensi Media Nasional yang bertema “Peluang Pers di Masa yang Menantang” yang berlangsung di Hotel Grand Mercure, Rabu 8 Februari 2023, yang dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua Dewan Pers Dr. Ninik Rahayu dan Ketua Umum PWI Pusat Atal S. Depari.

Menurut G. Plate, tantangan pers kedepan adalah harus mampu mengeliminir penyebaran informasi yang keliru berupa misinformasi, disinformasi dan malinformasi yang terus berkembang di dunia digital atau cyber.

Menurut dia, seharusnya ruang digital itu digunakan dan dimanfaatkan oleh jurnalis dalam memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna gawai digital.
Dikatakan, pertumbuhan ekonomi saat ini perlu  didukung dengan iklim demokrasi yang baik. Iklim tersebut juga perlu  didukung oleh salah satu pilar demokrasi yakni pers.

“Pers patut bersiap dalam menghadapi berbagai tantangan. Terlebih di era disrupsi digital saat ini,” kata Johnny.

Untuk itu, Johnny mengharapkan konvensi media massa tahun 2023 ini dapat menghasilkan pokok pikiran yang bermanfaat bagi pers. Apalagi pers di masa kini memiliki tantangan yang berbeda.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di depan peserta konvensi memberikan ungkapan informasi tentang salam khas orang Sumut yang beraneka ragam. Edy pun menjelaskan masing-masing salam yang di antaranya horas, ahoi, mejuah-juah, njuah-juah, dan yaahowu.

Baca juga :  Saat Kunker di Sulsel, Rektor UT Prof. Ojat Darojat Jadikan Momen Bersilaturahmi ke Kantor Media

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Ribuan ASN Pinrang Hadiri Pelepasan Masa Jabatan Bupati – Wakil Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Di tengah derasnya guyuran hujan, acara pelepasan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang periode...

Nelayan Sinjai Diminta Tetap Waspada, Meski Tinggi Gelombang Normal

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Meski cuaca diwilayah daratan Kabupaten Sinjai mengalami perubahan yang ekstrem dengan curah hujan yang cukup...

Kapolres Enrekang Ungkap Operasi Narkoba, 3 Pohon Ganja Ditemukan

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG - Kepala kepolisian resor (Kapolres) Enrekang AKBP Dedi Surya Dharma, SH, S.IK, MM mendatangi TKP ditemukannya...

Pj Bupati Enrekang Bersama Tim dan Masyarakat Tinjau Jembatan Amblas di Kampung Lemo

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Jembatan sepanjang 6 meter, dan lebar 4 meter yang terletak di Kampung Lemo, Kelurahan Tominawa,...