spot_img

Petugas KPPS dari 7 Desa Ikuti Bimtek, Ini Pesan Pj. Sekda Sinjai

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Penjabat Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis Kelompok Penyenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang II di Kabupaten Sinjai.

Bimtek yang berlangsung di Gedung Pertemuan Sinjai, Rabu (08/02/2023) ini diikuti sebanyak 167 petugas KPPS yang berasal dari 7 desa.

Desa tersebut masing-masing Desa Terasa, Alenangka, Gareccing, Tongke-tongke, Desa Salohe, Bongki Lengkese, dan Desa Gantarang.

Sehari sebelumnya Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) juga membuka Bimtek KPPS yang diikuti sebanyak 165 petugas KPPS yang berasal dari 6 desa yakni Desa Lappacinrana, Bontokatute, Bonto Tengnga, Massaile, Patongko dan Desa Samaturue.

Dalam sambutannya Andi Jefrianto Asapa mengatakan, suksesnya penyelenggaraan Pilkades tidak lepas dari peran KPPS. Oleh karena itu KPPS dituntut untuk membekali diri dengan pemahaman dan penguasaan regulasi yang menjadi dasar dan pedoman dalam melaksanakan tugas di lapangan.

KPPS merupakan ujung tombak dari pelaksanaan Pilkades karena bertugas menjalankan pemungutan suara di TPS yang tersebar di beberapa titik desa.

“Sebagai ujung tombak yang sangat mendukung suksesnya tahapan penyelenggaraan Pilkades maka kuncinya adalah saudara harus bekerja secara profesional, cermat, adil dan netral,” jelasnya.

Selain itu Andi Jefrianto yang juga selaku Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Tingkat Kabupaten Sinjai menekankan, regulasi pelaksanaan Pilkades berbeda dengan regulasi pilkada sehingga perlu memahami dan memperdalam regulasi yang terkait Pilkades agar tidak menimbulkan permasalahan.

Salah satunya tugas KPPS dalam Pilkades berbeda dengan tugas KPPS dalam Pilkada. “Dimana KPPS dalam pilkada salah satu tugasnya adalah menandatangani surat suara di TPS, sedangkan KPPS di Pilkades yang diberi kewenangan untuk menandatangani kertas suara adalah Ketua PPKD desa,” jelasnya.

Baca juga :  Perangi Aksi Balapan Liar, Kapolsek Benteng Pimpin Patroli Sampai ke Semak-semak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Zadrak Tanpa Pamrih Melayani Masyarakat Korban Longsor

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Sepekan sudah bencana longsor di Palangka dan Pangra'ta menelan korban jiwa jiwa 20 orang. Bahkan dua...

Majelis Ta’lim To’kaluku Makale Serahkan Bantuan Korban Longsor Pangra’ta

PEDOMANRAKYAT, MAKALE - Majelis Ta'lim Mesjid Baiturrahman To’kaluku, Makale, Minggu (21/4) kemarin serahkan bantuan ke keluarga korban bencana...