spot_img

BKPRS Gelar Seminar Ketahanan Energi Listrik,  Potensi Energi Baru Terbarukan di Sulawesi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Badan Kerjasama Pembangunan Regional Sulawesi (BKPRS) menggelar seminar regional bertajuk Menjaga Stabilitas Ketahanan Energi Listrik di Sulawesi (Pasca Penetapan Perpres 112/2022) yang diselenggarakan di Hotel Mercure, Makassar, Kamis (9/2/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) BKPRS Prof Dr. Aminuddin Ilmar, Dirjen EBT dan Konservasi Energi Dadan Kusdiana, Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, Bussines Sweden, Firman Ardiansyah serta perwakilan pemerintah provinsi, kabupaten/kota se Sulawesi.

Prof. Aminuddin dalam kesempatan membacakan sambutan dari Ketua Umum BKPRS, Olly Dondokambey sangat berharap hasil dari seminar ini bisa menghasilkan sebuah rekomendasi yang dapat menjadi pijakan kebijakan bagi pengembangan energi baru terbarukan di region Sulawesi.

“Saya berharap misi BKPRS bagaimana berperan sebagai perekat perekonomian kawasan timur Indonesia dan juga di region sulawesi sebagai pilar pertahanan ekonomi nasional yang bisa menjadi pendorong dan juga pengembang aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan di regional sulawesi,” ucap Prof. Aminudin.

Sementara itu, Dirjen EBT dan Konservasi Energi, Dadan Kusdiana melihat bahwa potensi energi baru terbarukan di Sulawesi sangat menjanjikan mulai dari energi surya, hidro, bioenergi, bayu, panas bumi hingga laut. Total menurut kalkulasi potensi EBT di Sulawesi mencapai 247,26 Giga Watt (GW).

“Ini dari sisi potensi cukup lengkap,” ujar Dadan.

Selain itu, dari sisi regulasi 28 Provinsi telah menetapkan Peraturan Daerah tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED), termasuk diantaranya adalah Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Baca juga :  PARMUSI Akan Beri Penghargaan Kepada Guru Mengaji

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Refleksi Akhir Tahun PSP Angkatan 3 Di Enrekang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Balai Besar Guru Penggerak Sulawesi Selatan menyelenggarakan Refeleksi Akhir Tahun Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan...

Sekdisdik Wajo Buka Lokakarya CGP Angkatan 11 Tahun 2024

PEDOMANRAKYAT, SENGKANG WAJO – Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekdisdik Wajo buka lokakarya CGP Angkatan 11 tahun 2024 di Aula...

Kabag Umum BBGP Sulsel Hadiri Lokakarya CGP Di Gowa

PEDOMANRAKYAT, SUNGGUMINASA – Kepala Bagian Umum Balai Besar Guru Penggerak Sulawesi Selatan Drs Harisman hadiri Lokakarya Calon Guru...

Pemkot Parepare Gelar Upacara Penghormatan Terakhir untuk Almarhum Faisal Andi Sapada

PEDOMAN RAKYAT- PARE PARE. Jenazah mantan Wakil Wali Kota Parepare periode 2013-2018, Achmad Faisal Andi Sapada di kebumikan...