spot_img

Berkunjung ke Pesisir Pantai Desa Mappakalompo, Daeng Manye Menyapa Ratusan Nelayan

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, TAKALAR – Galesong merupakan daerah yang terletak di Kabupaten Takalar, yang memiliki wilayah pantai yang panjang dan memiliki banyak nelayan.

Melihat kondisi ini, tokoh profesional dan pemerhati Takalar, Ir. H. Mohammad Firdaus Daeng Manye, MM yang akrab disapa Daeng Manye, datang berkunjung ke tempat dimana terdapat ratusan kapal laut di bibir pantai Galesong.

Tepatnya di pesisir pantai Boe, Desa Mappakalompo, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, tampak ratusan kapal laut yang sebagian besar beroperasi dengan rute Makassar-Tual berjejer di sepanjang bibir pantai. Ada yang sedang dalam pengecatan, ada juga yang sedang dalam tahap perbaikan, dan lainnya.

Daeng Manye, bersama rombongan Sahabat Takalar, dan Brigade Daeng Manye menyisir ratusan perahu nelayan dan disapa serta menyapa para nelayan yang ada di bibir pantai itu.

Ada beberapa hal yang sangat penting dalam menyikapi banyaknya kapal-kapal yang ada di bibir pantai Galesong ini, dimana potensi Desa Mappakalompo ini adalah adanya kapal-kapal yang setiap tahun jumlah makin bertambah, dan mereka mencari telur ikan terbang ke Dobu, Tual dan Fak-Fak.

“Kemudian, setelah mencari ikan dan telurnya mereka akan kembali lagi kesini, dan itu suatu potensi. Potensi lainnya dimana terdapat danau-danau kecil yang bisa dikeruk untuk menjadi tambatan kapal atau perahu, jadi secara ekonomi bisnis akan menghasilkan sebuah pendapatan,” jelas Daeng Manye saat diambil keterangannya terkait silaturahim dengan para nelayan di Desa Mappakalompo.

“Kenapa saya katakan demikian, karena ada beberapa kondisi kapal dimana sandar kapalnya di luar bibir pantai dan terkena hempasan ombak yang besar, menyebabkan kapal nelayan pecah, sehingga kondisi inilah menjadi potensi daerah ini untuk dimaksimalkan sebaik mungkin,” terangnya lagi.

Baca juga :  Mendagri Lantik Suhajar Diantoro Jadi Sekjen Definitif Kemendagri

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Anggota DPR RI Eva Stevany Rataba Meninjau Objek Wisata Tilangnga Kolam Purba

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.-Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai NasDem Eva Stevany Rataba meninjau objek wisata Tilangnga...

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Gelar Halalbihalal di Maros, PENAT Celebes Silaturahim dengan Sejumlah Pecinta Alam dan Edukasi Para Pemula

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Komunitas Pendaki Nafas Tua (PENAT) Celebes kembali menggelar Halalbihalal antar seluruh komunitas Pecinta Alam (KPA)....