spot_img

Surati Kementerian PUPR, Inakor Harap PPID Terbuka Soal Informasi Proses Tender 2 Paket Preservasi di Sulut

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MANADO – Lembaga Swadaya Masyarakat – Independen Nasionalis Anti Korupsi (LSM-Inakor) pada Jumat 10 Februari 2023 resmi melayangkan surat permohonan informasi publik ke PPID Kementerian PUPR.

Adapun informasi yang dimohonkan Inakor yakni sejumlah salinan dokumen penawaran, salinan dokumen kontrak, dan sejumlah dokumen lainnya terkait pada proses tender dua paket pekerjaan preservasi, yakni Kegiatan Preservasi Jalan Esang – Rainis (Penuntasan) dan Preservasi Jalan Maelang – Batas Bolmut – Biontong – Atinggola.

Diketahui, jelang akhir tahun 2022 Nalai Pelaksana Jalan Nasional wilayah Sulawesi Utara telah melaksanakan dua kegiatan pekerjaan yakni kegiatan preservasi Jalan Esang – Rainis (penuntasan) melalui Satker Wilayah 3 yang dilaksanakan oleh PT Marga Dwitaguna dengan harga negosiasi sebesar Rp 204.954.367.000,00 dan kegiatan preservasi Jalan Maelang – batas Bolmut – Biontong – Atinggola melalui Satker Wilayah 2 yang dilaksanakan oleh PT Margahasta Citra Mukti dengan harga penawaran Rp 152.129.949.913,14.

Ketua LSM Inakor Sulawesi Utara Rolly Wenas menyampaikan, upaya permohonan informasi yang dilakukan sudah secara patut sesuai amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, pasal 11 ayat 5, telah disebutkan bahwa informasi mengenai perjanjian antara pemerintah dan pihak ketiga merupakan informasi publik.

Hal ini juga terlihat dari putusan Komisi Informasi Pusat mengenai sengketa dokumen kontrak pengadaan yang keputusannya selalu menyebutkan bahwa dokumen kontrak merupakan informasi publik.

“Peran ini sehubungan dengan tugas serta aktivitas kami LSM-Inakor yang adalah mitra Pemerintah dalam melakukan kontrol sosial membantu negara melalui pengawasan, pencegahan dan pemberantasan korupsi, berdasarkan PP 43 Tahun 2018 tentang peranserta masyarakat dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi,” katanya.

Baca juga :  Selamat Tinggal Manado , Terkesan Keramahan Warga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Pj Bupati Enrekang Buka Baksos Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit, Dihadiri 3 Professor Dari Jepang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, membuka Bakti Sosial (Baksos) "Operasi Celah bibir...

IKA PMII Pinrang Peringati Harlah PMII ke 64

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Memperingati Hari Lahir (Harlah) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ke 64, Ikatan Alumni PMII Pinrang...

Upaya Disdik Sinjai Realisasikan Program ‘Sinjai Bebas Paket A’

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Salah satu program unggulan Penjabat Bupati Sinjai T.R. Fahsul Falah di bidang pendidikan adalah Sinjai...