spot_img

10.200 Wirausaha Baru Dorong Pertumbuhan dan Ekspansi UMKM di Wajo

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, WAJO – Pemerintah Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan, dalam empat tahun terakhir telah mendorong lahirnya 10.200 wirausaha (entrepreneur) baru.

Potensi ini menjadi ”suplemen energi” yang mendorong lokomotif Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) di Wajo.

Masyarakat Wajo, terutama kaum muda memang didorong menjadi wirausahawan (entrepeneurship) melalui UMKM. Sektor yang kini sedang didorong menopang perekonomian nasional karena terbukti tangguh saat krisis pandemi Covid-19.

Kini produk-produk UMKM di Wajo tidak hanya menjadi jajanan lokal. Cemilan, kue-kue tradisional dan kerajinan buah kerja para pelaku UMKM Wajo mulai merambah Kota Makassar dan Jakarta. Mulai masuk ke swalayan dan mini market.

Bahkan telah ada inovasi untuk akselerasi pasar. Produk UMKM dari Wajo dipasarkan keliling (mobile) menggunakan gerobak motor tiga roda di Makassar.

Selain di Makassar, gerobak tiga roda bergerak ke Jakarta dan membuka lokasi awal di Kemang, Jakarta Selatan.

Kerja kolaborasi antara pelaku usaha UMKM, Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Wajo serta konsultan pemasaran melalui sebuah wadah namanya Kurnia Shop.

Kolaborasi melalui Kurnia Shop ini berusaha menjangkau konsumen secara langsung. Pada tahap awal mobile market ini sasarannya di kantor-kantor instansi pemerintah maupun perusahaan.

Ternyata pembeli antusias membeli produk UMKM yang telah diproduksi dan dikemas sesuai standar produk UMKM, kesehatan, gizi, keamanan konsumen, dan estetika kemasan ini.

”Kita memang konsen membina pelaku UMKM terutama untuk pengembangan market. Sasarannya agar produk UMKM di Wajo bisa masuk pasar modern, bahkan kalau memungkinkan bisa ekspor,” ungkap Bupati Wajo, Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos, M.Si.

Baca juga :  Antara Marhaban Dan Ahlan Wa Sahlan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kapolres Torut AKBP Zulanda Bersama Wabup Frederik V. Palimbong Hadiri Open House Kapolda Sulsel

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.-Pererat tali silaturahmi dan membangun komunikasi yang lebih intensif dengan berbagai elemen Masyarakat, Kapolda Sulawesi Selatan...

Disambut Hangat Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel, Pj Bupati Enrekang Bangga Hadiri Dua Open House

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang, Dr. H. Baba, SE. MM, serta Pj Ketua TP-PKK Enrekang, Siti Rabiah...

Cegah Kemacetan Panjang, Polres Tana Toraja Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Lokasi Longsor

PEDOMANRAKYAT, TANA TORAJA.-- Akses jalan poros yang menghubungkan antara Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara terputus, akibat adanya...

Wabup Toraja Utara Hadiri Reuni V PPGT Nonongan Madandan

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Victor Palimbong, ST, M.Ak yang juga Ketua Umum PP PKBGT...