spot_img

Kemenkumham Sulsel Gelar Pelatihan Penguatan Kehumasan, Kadiv Administrasi : Optimalkan Media Relasi

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) bekali Unit Pelaksana Teknisnya (UPT) dengan pelatihan Penguatan Kehumasan di Hotel Claro, Selasa (21/02/2023).

Kepala Divisi Administrasi Kanwil Indah Rahayuningsih mengimbau para pelaksana kehumasan pada UPT memanfaatkan secara optimal media relasi dan media sosial dalam mengglorifikasikan informasi positif terkait pelaksanaan program dan kebijakan kementerian, serta berinteraksi dan menyerap aspirasi masyarakat sehingga terjalin saling pengertian antara Kemenkumham dan masyarakat.

Indah berpesan dalam sambutannya mewakili Kakanwil Sulsel Liberti Sitinjak, pelaksana humas di UPT harus mampu bertransformasi mengikuti tren publikasi saat ini. Sebagai pihak terdepan dalam menyalurkan informasi publik dan membangun kepercayaan publik terhadap Kemenkumham Sulsel.

Dua narasumber yang dihadirkan yakni pertama, Kepala Perum LKBN Antara Sulselbar Anwar Magga mengulas tentang teknik penulisan berita berbasis Search Engine Optimization (SEO).

Anwar mengatakan, menulis berita harus memperhatikan unsur nilai berita seperti human interest, unik, aktual, dan ada kedekatan dengan pembaca. Namun yang terutama adalah informasi itu penting, berdasarkan fakta, dan faktual.

Lanjut Anwar, dalam penyusunan berita harus memperhatikan struktur berita dengan rumus 5W+1H sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami pesan yang disampaikan.

Menutup materinya, Anwar menekankan agar penggunaan SEO mengedepankan edukasi kepada masyarakat.

Narasumber Kedua, Peneliti dari Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Darman Fauzan Dahir mengulas terkait media analisis.

Darman mengungkapkan secara umum penggunaan media sosial pemerintah digunakan untuk tujuan mengedukasi program pemerintah, meyakinkan publik akan sebuah kebijakan, menginspirasi publik akan kegiatan positif, dan menghibur.

Baca juga :  Hibahkan Hotel Untuk Posko Induk Pemenangan, MRR: Diresmikan Anies 24 September

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Pemain Dewa United Ady Setiawan Tutup Masa Lajang

PEDOMANRAKYAT, BIMA -- Bek kanan Dewa United mengakhiri masa lajangnya 14 April 2024 di desa kelahirannya, Paradorato Kecamatan...

Dosen Unimuda Sorong Raih Doktor di UNM, Kembangkan Aplikasi Rubeda 3T Untuk Warmon Kokoda Distrik Mayamuk Sorong

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat pesat dan mempengaruhi perilaku masyarakat dalam dekade terakhir...

Kepala SMPN 5 Sinjai Apresiasi Ujian Sekolah Dengan Pemanfaatan Chromebook

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Mulai hari ini, Senin (22/4/2024) hingga tanggal 27 April 2024 sebanyak 2.969 siswa SMP di...

Pj Bupati Enrekang Buka Baksos Operasi Gratis Celah Bibir dan Lelangit, Dihadiri 3 Professor Dari Jepang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, SE. MM, membuka Bakti Sosial (Baksos) "Operasi Celah bibir...