spot_img

Prof. Dr. H. Irwan Akib M.Pd Berharap Warga Muhammadiyah Mendirikan SMA dan Universitas di Pasangkayu Sulbar

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, PASANGKAYU. – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dr. H. Irwan Akib, M.Pd mengharap warga Muhammadiyah dan pemerintah daerah agar mendirikan SMA Muhammadiyah dan Universitas Muhammadiyah Pasangkayu.

Tantangan warga persyarikatan ini agar menghadirkan lembaga pendidikan pada tingkat SLTA dan perguruan tinggi.

Demikian sambutan Prof Irwan Akib saat membuka secara resmi Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-III Muhammadiyah Sulbar, Musywil Aisyiyah dan Musywil Nasyiatul Aisyiyah ke-IV di Masjid Muhammadiyah Nur Falaq, Kabupaten Pasangkayu, Sulbar, Jumat malam 24 Februari 2023.

Dijelaskan, pelaksanan Musywil Muhammadiyah di Pasangkayu cukup siap, menyaksikan berbagai tantangan yang harus dipersiapkan Muhammadiyah Pasangkayu. Salah satunya, karena di daerah ini belum memiliki sekolah Muhammadiyah setingkat SMA dan Universitas.

Selain menyusun program, ada beberapa agenda dalam musywil di antaranya pelaporan pertanggungjawaban masa Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sulbar Periode 2015-2022 serta pemilihan ketua baru periode 2022-2027.

Rektor Unismuh Makassar pada masanya ini mengatakan, sejarah perjalanan panjang Muhammadiyah, dimana dimulai dalam kesepakatan Kongres Muhammadiyah sekitar 1920, hingga saat ini Muhammadiyah komitmen sebagai lembaga majelis pengajaran.

Dikatakan KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah sebagai lembaga pendidikan sebelumnya, ia sudah mendirikan madrasah.

Niat tulus para pendiri Muhammadiyah di masa lalu, seperti mengintegrasikan pendidikan agama dan pendidikan umum kemudian menjadi cuan dalam sistem pendidikan nasional.

“Menjadi tugas kita bersama melakukan gerakan pembaharuan, sehingga Muhammadiyah tetap eksis dalam pengolahan kebutuhan masyarakat,” tegasnya.

Plt Gubernur Sulbar, Dr. Drs. Akmal Malik, M.Si pada sambutannya di arena Musywil Muhammadiyah Sulbar mengatakan, pada dirinya mengalir darah Muhammadiyah, bapaknya yang tinggal di Padang Sumatera Barat adalah anggota Muhammadiyah serta ibunya berasal dari NU. Persyarikatan Muhammadiyah tiada tandingan dalam hal aset.

Baca juga :  Aliansi Masyarakat Burau Peduli Lingkungan Kembali Demonstrasi, PT MPA Akui Ada Luapan Limbah di Kolam 7

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Ini Profil Singkat dan Perjalanan Demmatande Pejuang Asal Mamasa

PEDOMANRAKYAT, MAMASA - Pemuda Panca Marga Sulawesi Barat (Sulbar) akan mengusulkan pejuang asal Kabupaten Mamasa bernama Demmatande sebagai...

15 Pelari Nasional dan Daerah Jejali Alam Mamasa

PEDOMANRAKYAT, MAMASA - Sebanyak 15 pelari bertaraf nasional dan daerah ikut menjejali alam Mamasa pada acara Lomba Lari...

Panitia Silaknas ICMI Makassar Siap Jemput Peserta di Bandara Internasional Hasanuddin

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR. Panitia lokal bidang transportasi Silaturrahim Kerja Nasional (Silaknas) Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) sudah siap menyukseskan...

Pemerintah Pusat Tetapkan DR. Yakub F. Solon Sebagai Pj Bupati Mamasa

PEDOMANRAKYAT, MAMASA - Pemerintah Pusat telah menetapkan secara resmi nama DR. Yakub F. Solon (Asisten II Bidang Ekonomi...